Data Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Bocor, Tetangga Pasien Curhat Tak Boleh Ngantor: Tak Boleh Ngantor Sampai Dapat Surat Resmi Bebas Virus Corona...

Kamis, 05 Maret 2020 | 12:30
Tangkap layar: Youtube/Najwa Shihab

Data Pasien Positif Virus Corona Asal Depok Bocor, Tetangga Pasien Curhat Tak Boleh Ngantor: Tak Boleh Ngantor Sampai Dapat Surat Resmi Bebas Virus Corona...

Suar.ID -Pada Senin (2/3), pemerintah Indonesia mengumumkan kalau ada 2 WNI asal Depok yang kini positif virus corona.

Namun sangat disayangkan informasi mengenai data ke-2 pasien yang dinyatakan positif virus corona ini sempat bocor di media sosial.

Data yang bocor ini bisa dibilang cukup detail.

Anis Hidayah, tetangga pasien positif virus corona ini menyayangkan sikap masyarakat Indonesia atas bocornya data kedua pasien tersebut.

Baca Juga: Penyebaran Virus Corona Bikin Warga Dunia Panik, Muncul Larangan Jabat Tangan, Negara-negara ini Bikin Cara Baru Untuk Menyapa, Seperti Apa Ya Jadinya?

Ia menyebut, banyak masyarakat yang justru menghakimi sang pasien dan mengaitkan hal-hal yang terkait seperti membongkar kesehariannya.

Menurutnya, hal itu seharusnya tidak perlu terjadi dan sebaliknya masyarakat seharusnya berduka karena ada dua warga Indonesia yang saat ini positif corona.

"Mestinya masyarakat Indonesia itu dalam suasana duka, karena ada warga negara Indonesia yang positif corona yang itu tidak diinginkan siapapun, tetapi justru masyarakat berlomba-lomba untuk menghakimi."

"Tetapi kan menghakimi, mengkaitkan hal-hal yang tak terkiat, misalnya membongkar aktivitaas sehari-harinya, backgroudnya, dan lainnya," kata Anis saat berbicara di Mata Najwa, Rabu (4/3/2020) malam.

Baca Juga: Kebenaran Mengenai Virus Corona Terkesan Ditutup-tutupi China, Pihak Intelijen Israel Bongkar Rahasia Mengenai Kebenaran Virus Mematikan ini!

Ia menjelaskan bahwa pasien positif virus corona itu merupakan pribadi yang baik dan merupakan orang terhormat.

Pasien tersebut juga merupakan orang yang senior dan mempunyai prestasi di dunia Internasioanal, sehingga menurutnya tak sepantasnya diperlakukan demikian.

"Padahal perlu kami sampaikan bahwa saya kira semua juga tahu, pasien ini warga terhormat, senior prestasinya Internasioal, yang saya kira punya kontribusi besar bagaimana kebudayaan dibangun di negeri ini," tambahnya.

Ia berharap agar pemerintah mampu menyelesaikan persoalan ini sesuai dengan porsinya sehingga menjadi lebih baik dan tidak merugikan pasien dan lingkungan pasien.

Baca Juga: Anaknya Dikeluarkan dari Pondok Pesantren, Wali Murid ini Ngamuk Hingga Berani Pukul Ustaz, Begini Kronologinya...

Dampak Negatif

Anis mengatakan ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan setelah mencuatnya identitas pasien virus.

Hal itu membuat warga di lingkungan perumahannya menjadi kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Banyak orang takut untuk berinteraksi dengan warganya yang tinggal satu kompleks perumahan dengan pasien virus corona.

Baca Juga: Dengan Tekun, setiap Harinya Wanita Ini Menyiram Tanaman yang Berbentuk Sempurna, Namun 2 Tahun kemudian Hal yang Mengejutkan pun Terjadi!

Bahkan, untuk kerja pun pihak perusahaan melarang untuk masuk kantor jika tak menunjukkan surat bebas corona.

"Banyak warga dari perumahan kami yang tidak boleh ngantor sampai dapat surat resmi bahwa bebas dari virus corona dari pihak yang punya otoritas," ungkap Anis.

Tak hanya itu, belakangan warganya juga kesulitan untuk memasan layanan transportasi online.

Baca Juga: Baru 1 Tahun Nikah, 'Kebohongan' Syahrini kepada Reino Barack malah di Bongkar Sosok Ini! Ada Apa Nih?

Banyak driver transportasi online yang membatalkan pesanan warganya karena takut memasuki kawasan perumahannya.

"Senin Selasa kami kesulitan memasan tranpostasi online, karena ini adalah Perumahan Studio Alam Indah yang positif corona," lanjut Anis yang juga istri dari ketua RT setempat itu.

Hal tak mengenakkan lainnya juga terjadi pada anak-anak sekolah, hal itu terjadi pada anak Anis yang ditanyai oleh teman-temannya.

"Informasi yang simpang siur tentang anak-anak sekolah yang nggak boleh sekolah terutama dari Perumahan Studio Alam Indah."

Baca Juga: Ngamuk-ngamuk Kena Tipu Puluhan Juta Rupiah, Istri Ajun Prawira Layangkan Ancaman: Kalau Ketemu Gue Bikin Dia Kayak Butiran Pasir!

"Saya mengalami sendiri anak saya histeris karena ditanya temennya yang macem-macem, gara-gara tingal di perumahan itu," ungkapnya.

Ia berharap orang yang membagikan data informasi pasien itu dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

Selain itu, pada pemegang otoritas, ia berharap agar tak sembarangan dalam memberikan keterangan.

Kondisi Semakin Membaik

Dua pasien positif virus corona kini telah menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso di Sunter, Jakarta Utara.

Baca Juga: Cemas Anak Terlalu Lengket dengan Gadget? Simak 3 Tips Mudah untuk Menangani Anak yang Kecanduan Gawai!

Kondisi kesehatan dua pasien virus corona itu semakin membaik, keduanya tak lagi mengalami demam, dan batuk pun sudah berkurang.

"Demam sudah tidak ada lagi, kemudian batuknya sudah berkurang jauh, tidak ada sesak napas, dan mereka bisa berkomunikasi dengan keluarganya melalui HP," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, Rabu (4/3/2020).

Keduanya kini menunggu pemeriksaan ulang untuk menentukan langkah selanjutnya.

Pemeriksaan ulang akan dilakukan dua kali, yakni pada lima hari pertama sejak dinyatakan positif, dan lima hari kemudian sejak pemeriksaan ulang pertama.

Baca Juga: Nekat Keroyok Hingga Sekap Anggota TNI, Para Preman Pasar Harus Terima Hukuman Berat Ini

Diketahui kedua pasien itu mulai dirawat di RSPI pada Minggu (1/3/2020) dan dinyatakan positif pada Senin (2/3/2020).

"5 hari akan kita cek ulang, kalau dia negatif, 5 hari kemudian kami cek (lagi), kalau negatif baru dia dipulangkan. Jadi tetap laboratorium sebagai parameter untuk memulangkan pasien tersebut," kata Syahril dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Gadis 8 Tahun Ini Kepergok Beli Obat Kuat yang Biasa Digunakan untuk Berhubungan Intim, Ternyata Ada Cerita Memprihatinkan di Baliknya

(Arif Tio Buqi Abdulah)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Curhatan Tetangga Pasien Virus Corona: Mestinya Masyarakat Indonesia dalam Suasana Duka".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya