Daftar Umrah sebagai Laki-laki, Transgender Ini Akhirnya Terbuka Kedoknya Ketika Sudah Berada di Mekkah, Ternyata Gara-gara Ini

Rabu, 05 Februari 2020 | 18:15
Instagram

Nur Sajat

Suar.ID - Peristiwa tak terduga terjadi diantara para jemaah umrah di Mekkah.

Seorang transgender asal Malaysia kedapatan mendaftar sebagai laki-laki namun pada pelaksanaannya ia berdandan layaknya perempuan.

Adanya jemaah transgender yang melakukan hal tersebut juga awalnya tak diketahui oleh agen travel.

Akhirnya, hal itu pun menimbulkan masalah.

Baca Juga: Suaranya Serak Dikira Alergi, Ternyata Nasib Buruk Dialami Gadis Muda Ini, Selama Berbulan-bulan Dia Telah Menggunakan Produk yang Belakangan Banyak Menimbulkan Masalah

Ya, agen travel yang membawa jemaah transgender tersebut sebelumnya tak mengetahui apa yang terjadi.

Seperti yang dilaporkan oleh nst.com.my pada 4 Februari 2020 kemarin.

Melansir dari media lokal Malaysia tersebut, Muhammad Sajad Kamaruzzaman atau yang dikenal sebagai Nur Sajat, adalah seorang transgender yang mendaftar sebagai jamaah umroh pria.

Sejak awal Nur Sajat tidak menyatakan atau menginformasikan bahwa ia merupakan seorang transgender.

Baca Juga: Waduh, Ada Penyidik KPK Tak Diberi Akses untuk Masuk Kantor Antirasuah Tersebut, Sosok Polisi Aktif Ini Akhirnya Angkat Bicara

Hal itu disampaikan oleh juru bicara travel yang membawa Nur Sajat ke Mekkah.

Barulah saat sudah tiba di Mekkah, pihak travel mengetahui bahwa ada seorang transgender dalam rombongannya.

Diketahuinya identitas pengusaha asal Malaysia itu sebenarnya bermula dari pengakuan Nur Sajat sendiri.

Ia memberi tahu Mutawiff (pendamping) bahwa ada seorang transgender dalam rombongan, yang ternyata ia sendiri.

Baca Juga: Terbongkar, Ahok Bocorkan Perlakuan Veronica Tan, Ini yang Bikin dia Enggak Mau Berkomunikasi Lagi dengan Mantan Istrinya Itu

Metro via Tribunnews
Metro via Tribunnews

Nur Sajat ketika umroh

Juru bicara travel pun menjelaskan bagaimana jadinya jika dalam rombongan umroh ada seorang transgender.

Menurut juru bicara tersebut, jika Nur Sajat adalah transgender, maka itu menjadi masalah.

Terlebih adanya ketidaksesuaian antara pendaftaran yang dilakukan dengan kenyataan.

Namun, menurut juru bicara travel, Nur Sajat masih berpenampilan pria ketika naik pesawat dari Kuala Lumpur.

Baca Juga: Terbongkar, Ahok Bocorkan Perlakuan Veronica Tan, Ini yang Bikin dia Enggak Mau Berkomunikasi Lagi dengan Mantan Istrinya Itu

Konsultan Malaysia di jeddah yang menghubungi Nur Sajat mendapati transgender tersebut mengklaim bahwa ia memiliki dokumen pengadilan yang menyatakannya sebagai transgender.

Namun, menurut juru bicara travel, kenyataan itu tidak diketahui oleh pihaknya.

Akhirnya, atas kejadian tidak terduga itu, pihak travel meminta Nur Sajat untuk menjadi seorang pria selama di Tanah Suci.

"Kami juga telah menyarankan Nur Sajat untuk menjadi seorang pria sepanjang waktu di Tanah Suci pada saat kedatangan di Mekah sehari sebelumnya," kata juru bicara itu kepada Harian Metro.

Baca Juga: Sambil Berderai Air Mata, Iis Dahlia Ungkap Reaksi Anak Laki-lakinya saat Melihatnya Berkubang dalam Masalah, Sampai Minta Sang Ibu Berhenti Lakukan Hal Ini

Instagram
Instagram

Nur Sajat bersama Lucinta Luna

Selain itu, mereka pun meminta Nur Sajat untuk mengeluarkan permintaan maaf dan menghapus semua gambar dan video di platform dan saluran media sosialnya.

Foto-foto yang diunggah oleh Nur Sajat di media sosial memang membuat heboh netizen.

Melansir dari Tribunnews.com, pengusaha yang ternyata juga merupakan rekan duet artis Indonesia Lucinta Luna itu mendadak menjadi perbincangan netizen.

Hal itu bermula ketika Nur Sajat (33) yang dikenal sebagai seorang transgender, mengunggah fotonya mengenakan mukena dan make-up perempuan saat berada di Mekkah.

Baca Juga: Beda Nasib Nikita Mirzani dan Rey Utami, Sama-sama Tinggalkan Seorang Anak karena Ditahan Tapi Hanya Nikita yang Dibebaskan, Ini Penjelasan Kejaksaan

Sementara itu, kebanyakan netizen sendiri mengetahui jika Nur Sajat sejatinya adalah seornag laki-laki.

Bahkan, aksinya mengunggah foto berpenampilan wanita saat umroh pun menuai kecaman dari Menteri Urusan Agama Malaysia, Mujahid Yusuf Rawa.

“Saya menyesali tindakannya, dan itu dia posting di Instagram seolah-olah itu bukan pelanggaran,” kata Mujahid dikutip TribunSolo.com dari The New Arab, Selasa (4/2).

Mujahid bahkan mengatakan efek besar perbuatan Nur Sajat ini.

Baca Juga: Ternyata Bukan Orang Sembarangan, Siapa Sangka Ayah artis yang Kecilnya Pernah Jadi Anak Punk Ini Pernah Main Film Bareng Deddy Mizwar

Menurutnya bisa saja membuat renggang hubungan antara Malaysia dan Arab Saudi.

Ia menyebut sebaiknya Nur Sajat menghormati hukum negara yang dia kunjungi apalagi ini Tanah Suci.

“Silakan kembali ke fitrah Anda, hormati orang lain, hormati agama, dan hormati hukum negara yang Anda kunjungi,” tambah Mujahid.

Di media sosial Instagram sendiri Nur Sajat memiliki pengikut cukup banyak, yaitu 1,4 Juta. Tak ayal aksinya itu mendapat banyak sorotan netizen.

Baca Juga: Dituding Incar Harta Lina Jubaedah, Adik Teddy Bocorkan Kekayaan Sang Kakak Usai Pulang dari Amerika: Bawa Uang Segepok 100 Dolar, Kalau Dikali Berapa Coba!

Terkait permintaan maaf yang diminta dari Nur Sajat, pihak travel mengaku belum mendapatkannya.

"Sejauh ini Nur Sajat menjawab kami perlu menunggu sampai dia pulang. Pihak kami juga sudah mencoba menghubungi orang tuanya, tapi sama saja mereka sulit diajak bicara," ungkap juru bicara travel.

Sementara itu, Pejabat Mufti Wilayah Persekutuan dengan Jabatan Pendaftaran Negara (JPN) lantas mengagendakan pertemuan untuk membahas masalah gender Nur Sajat.

Baca Juga: Blusukan ke Pasar Tradisional, Istri Ardi Bakrie Lakukan Hal Ini Hingga Bikin Pedagang Geram, Nia Ramadhani: 'Daripada Ribet!

Editor : Khaerunisa

Baca Lainnya