Viral Jokowi Terjebak Macet, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Tanggapi dengan Ungkapkan Peningkatan Kualitas di Ibukota saat Ini Dibandingkan dengan Masa Kepemimpinan Ahok

Minggu, 01 Desember 2019 | 20:00
Kolase Tribun Jakarta dan Youtube Surya

Suar.ID -Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terjebak macet selama 30 menit hingga videonya viral di Twitter, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun bereaksi.

Sebelumnya, Pakar Tata Kota, Nirwono Joga mengatakan keluhan Jokowi soal kemacetan merupakan teguran untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Keluhan dari Pak Presiden kepada Pemprov DKI Jakarta ini sebagai cambuk ya, artinya harus mampu memberi semangat atau dorongan Pemprov DKI Jakarta untuk lebih fokus, lebih fokus dalam hal mengurai kemacetan lalu lintas," jelas Nirwono.

Nirwono menilai hingga saat ini belum ada kebijakan yang signifikan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk mengurai soal kemacetan lalu lintas.

Tangkapan layar Youtube TV One News
Tangkapan layar Youtube TV One News

Baca Juga: Sosok Ini Blak-blakan Nyatakan Tak Senang dengan Ahok dan Geram Lihat Anies Baswedan Selalu Disalahkan: Masa Anies Enggak Ada Bener-benernya?

"Kalau mau lebih serius, banyak PR yang harus di kerjakan dengan waktu yang cukup sempit," terang Nirwono.

Menurut Nirwono ada tiga kebijakan yang bisa dilakukan oleh Anies Baswedan untuk mengurai kemacetan di Jakarta.

Pertama, mengintegrasikan seluruh transportasi massal yang ada baik fisik maupun sistem.

Kedua, peremajaan bus sedang yang sudah dibicarakan namun belum dilakukan.

Ketiga, pembatasan penggunaan kendaraan pribadi ke pusat kota yang saat ini masih menggunakan kebijakan ganjil-genap.

Baca Juga: Didemo oleh Para Sopir Angkot, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Malah Senang, Kok Bisa?

"Kebijakan ganjil-genap yang sampai sekarang belum terlihat efektifitasnya," jelas Nirwono.

Menurut Nirwono satu dari solusi untuk mengurai kemacetan di Jakarta adalah menggunakan jalan berbayar elektronik.

"Nah, ini yang menurut saya seharusnya dilakukan kebijakan-kebijakan Pak Anies ya untuk menguarai kemacetan lalu lintas dengan tegas," jelas Nirwono.

Dari tayangan yang diunggah Channel Youtube TvOneNews, Sabtu (30/11/2019), Anies Baswedan langsung memberikan klarifikasi terkait kemacetan kota Jakarta.

Tribunnews
Tribunnews

Baca Juga: Menteri Ini Sebut Jakarta seperti Kampung, Anies Baswedan: Itu Clickbait

Anies Baswedan mengungkapkan bahwa saat ini Jakarta justru mengalami penurunan kemacetan dibanding tahun 2017 lalu.

"Mulai tahun 2017 ke tahun 2019, kita mengalami penurunan kemacetan bahkan dulu Jakarta pada tahun 2017 kota termacet nomer 4 di dunia (ketika Ahok masih menjadi Gubernur Jakarta)," jelas Anies.

Menurut Anies Baswedan tahun 2018 kemacetan DKI Jakarta turun lagi menjadi nomor 7 di dunia.

"Nah target kita adalah keluar dari 10 besar termacet, nah kita menuju kesana," ungkap Anies.

Baca Juga: Dari Heboh Anggaran Lem Aibon hingga Dituntut Pengacara Senior, Kini Anies Baswedan Terancam Tak Bisa Terima Gajinya! Rupanya Inilah Penyebabnya

Lebih lanjut, Anies mengungkapkan jika jumlah transportasi umum di Jakarta saat ini naik dua kali lipat dibanding tahun 2017.

"Tahun 2017 pengguna transportasi umum 334 ribu, sekarang sudah hampir 700 ribu. Artinya ada dua kali lipat warga yang meninggalkan kendaraan pribadinya pindah ke kendaraan umum," paparnya.

"Secara umum, alhamdulillah warga Jakarta mau berpindah ke kendaraan umum, itu yang membantu mengurangi kemacetan," tambahnya.

Menurut Anies Baswedan masalah kemacetan Jakarta bersumber pada jumlah kendaraan pribadi yang terlalu banyak di jalan raya.

Berikut video selengkapnya:

(Nanda Lusiana Saputri/Tribunnews)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judulJokowi Keluhkan Jakarta Macet, Begini Tanggapan Anies Baswedan dan Pakar Tata Kota

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : YouTube, Tribunnews

Baca Lainnya