Rutinlah Meminum Teh, Maka Otakmu akan Berterima Kasih di Hari Tua Nanti, Begini Penjelasannya

Kamis, 03 Oktober 2019 | 13:00
Pixabay

Ilustrasi Teh.

Suar.ID -Jangan menyindirhobi meminum teh sebagai hobi nenek-nenek, karena hal tersebutbisa menjadi hal yang membuatmu tetapsehat di masa tua nanti.

Dilansir dari Business Insider, Empat peneliti dari berbagai Universitas; Universitas Nasional Singapura (NUS), Universitas Cambridge dan Universitas Essex, baru-baru ini menerbitkan temuan bahwa mengonsumsi teh secara teratur dapat mengurangi kerusakan mental di usia tua.

Dr. Feng Lei, Asisten Profesor di Sekolah Kedokteran NUS Yong Loo Lin dan salah satu penulis jurnal, sebelumnya menemukan bahwa mengonsumsi tehsetiap haridapat mengurangi risiko penurunankemampuan berpikir disaat tua nanti.

Dr. Feng yang memimpin penelitian baru ini, mengatakan bahwajurnal tersebut berisi "Bukti pertama di dunia tentang kontribusi positif minum tehbagijaringan otak."

Baca Juga: Viral Video Pria Marah-marah di Sebuah Warung Hanya Gara-gara Diminta Bayar Rp1.000 untuk Segelas Teh Hangat

Para peneliti membuat sampel dari 36 peserta yang berusia 60 tahun ke atas dengan tingkat pendidikan yang sama untuk penelitian ini.

15 Pesertaminum teh hijau, teh oolong, atau teh hitam setidaknya empat kali seminggu selama 25 tahun terakhir, sementara 21peserta jarang atau tidak pernah minum teh.

Kesehatan, gaya hidup, dan kesejahteraan psikologis peserta kemudian ditelusuri antara 2015hingga 2018.

Baca Juga: Kualitas Udara Membaik, Seiring Jumlah Titik Panas di Sumatera dan Kalimantan yang Mulai Berkurang

Dari hasil analisis tes neuropsikologis dan MRI Scan terungungkap bahwa peminum teh reguler memilikijaringanotak yang lebih baik daripada yang bukan peminum teh.

Mereka yang meminum teh memiliki jaringanotak yang terhubung lebih baik,hal ini dikaitkan dengan penuaan otak yang lebih lambat.

Jaringan otakdari peserta yang hobi meminum teh yang sering terlibat dalam penuaan dan penyakit mental, juga diuntungkan oleh konektivitas fungsional yang lebih kuat.

Selain itu, otakpeserta yang rutin meminum teh juga memiliki lebih banyak koneksi simetris antara belahan otak, dan lebih menyerupai otak orang paruh baya daripada orang tua.

sixtyandme.com
sixtyandme.com

Rutin meminum teh dapat membuat anda sehat di hari tua.

Baca Juga: Istri Muda Jijik Sama Kiwil karena Mentingin Nafsu, Istri Pertama: Kenapa Cintamu Harus Dibagi Dua?

Dalam jurnal tersebut, para ilmuwan mengatakan manfaat anti-penuaan dari teh berasal dari katechin yakni merupakan antioksidan alami yang dapat meningkatkan memori otak dan fungsi penalaran.

Mereka menambahkan bahwa penelitiantersebutmenunjukkan bahwa meminum teh secara rutin dapat menjadi pilihan gaya hidup sederhana yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak.

Dr. Feng Lei dan timnya berencana untuk menelitihubungan antara efek teh serta senyawa bioaktif dalam teh terhadap penurunan kemampuan berpikir manusia.(Ervananto Ekadilla/Suar.ID)

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Business Insider

Baca Lainnya