Terungkap Penyebab Kematian Buaya Merry Pemangsa Deasy Tuwo, Hasil Autopsinya Temukan Tulang Manusia

Selasa, 22 Januari 2019 | 17:08
ISTIMEWA

Suasana Buaya saat proses autopsi di kawasan TWA Batu Putih

Suar.ID – Merry, si buaya berbobot 600 Kg yang memakan Deasy Tuwo warga Ranowangko, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (11/01/2019), dikabarkan mati.

Mengutip Tribun Manado (21/1/2019), buaya Merry mati pada Minggu (20/01/2019), di Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih, Bitung.

Kematian buaya Merry juga dibenarkan oleh Sekretaris Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulut Hendrik Sarundengan saat dikonfirmasi Tribunmanado.co.id Senin (21/01/2019).

"Berdasarkan informasi dari petugas TWA sekitar pukul 11.00 Wita, katanya buaya Merry sudah mati. Kami pun sudah cek dengan cara menghubungi pihak PPS, dan jawabannya sama, mereka memastikan bahwa buaya yang mati di TWA Batuputih itu adalah buaya Merry yang memakan Deasy beberapa waktu lalu," jelas Hendrik.

Baca Juga : Kerap Pamer Foto Berbikini di Puncak Gunung, Pendaki Wanita Gigi Wu Tewas Terjun ke Jurang

Baca Juga : Tobatnya Mantan Gangster, Selama 20 Tahun Lakukan Kebaikan Sederhana Tapi Sangat Berarrti Bagi Orang Cacat

Penyebab kemarian buaya Merry pun akhirnya terungkap setelah dilakukan autopsi atau nekropsi.

Seperti dikutip dari Tribun Manado (22/1/2019), berdasarkan hasil temuan dokter hewan di Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, buaya Merry diduga mati karena faktor dari awal rescue di Tombariri dan dibawa ke TWA Batu Putih (Daops Manggala Agni).

Tim dokter hewan yang terdiri dari Drh Nubatonis dan drh Fahmi Agustiadi dibantu oleh Billy Lolowang dan Deity Mekel, setelah melakukan autopsi atau nekropsi juga menemukan beberapa hal terkait penyebab kematiannya.

KOLASE TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI
KOLASE TRIBUNMANADO/FERDINAND RANTI

Proses evakuasi buaya Merry

Buaya Merry mengalami stres atau drop dan dugaan sementara adalah mengalami heatstrock.

Ditemukan pula akumulasi gas yang sangat banyak di organ lambungnya.

Dari proses nekropsi yang juga disaksikan juga oleh pihak BKSDA Sulut dan Polres Tomohon, tim dokter juga menemukan tulang manusia dalam perut buaya Merry.

Tulanng manusia yang ditemukan adalah bagian lengan sampai jari dan masih bertaut dengan kain yang diduga baju/pakaian.

Beberapa sampel organ buaya juga masih perlu dilakukan pengujian lebih lanjut untuk memastikan diagnosa.

Barang bukti berupa tulang manusia yang ditemukan dalam tubuh buaya juga akan dikordinasikan kembali dengan pihak kepolisian untuk tindak lanjut pemeriksaan forensik serta pihak keluarga korban.

Tribun Manado

Buaya Merry dikabarkan mati pada Minggu (20/1/2019).

Baca Juga : Kisah Bayi yang Lahir Tanpa Anus di Sulawesi Barat, Perutnya Terus Membuncit

Baca Juga : Vanessa Angel Menangis Setelah Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Online: Kalau Ada Mama Semua Pasti Beda

Sebelumnya, spekulasi beredar di masyarakat tentang penyebab kematian buaya Merry yang mendadak tersebut.

Santer terdengar buaya Merry tewas setelah dianiaya warga, tetapi kabar itu kemudian tidak dapat dipastikan kebenarannya.

Buaya Merry menjadi menjadi perbincangan publik setelah pada Jumat (11/1/2019) diduga memangsa Deasy Tuwo, saat memberi makan pada buaya tersebut.

Jasad warga Ranowangko, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) ditemukan oleh rekan korban, Eling Rumengan, dalam kondisi mengapung di kolam buaya tersebut.

Berbagai spekulasi kematian Deasy juga sempat viral di media sosial di mana waragenet menduga Deasy tidak sepenuhnya dimangsa buaya Merry langsung melainkan korban pembunuhan sebelum jasadnya dibuang dalam kandang buaya.

Tetapi, Joyce Wowor Wakapolres Tomohon meminta masyarakat untuk tidak berandai-andai terhadap kasus tersebut.

Wowor meminta masyarakat bersabar menunggu hasil penyelidikan.

Baca Juga : Kisah Istri Ustaz Maulana Bangun Masjid 5 Lantai dari Jual Perhiasan: Begini Suasana Meriah Peresmiannya September Lalu

Baca Juga : Kisah Istri Ustaz Maulana Bangun Masjid 5 Lantai dari Jual Perhiasan: Begini Suasana Meriah Peresmiannya September Lalu

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya