Follow Us

Bikin Geleng-geleng Kepala, Kapal Ini Bisa Dilipat hingga 90 Derajat!

Adrie Saputra - Rabu, 15 Maret 2023 | 15:08
Bikin Geleng-geleng Kepala,  Kapal Ini Bisa Dilipat hingga 90 Derajat!
Oddity Central

Bikin Geleng-geleng Kepala, Kapal Ini Bisa Dilipat hingga 90 Derajat!

Suar.ID - R/P FLIP adalah sebuah kapal yang dapat beralih antara posisi horizontal dan vertikal dengan menekan tombol dan sering disalahartikan sebagai kapal yang terbalik.

Dimiliki oleh US Office of Naval Research, FLIP (kependekan dari 'floating instrument platform') adalah platform penelitian laut sepanjang 108 meter yang dirancang untuk bisa melipat higga 90 derajat.

Kapal ini hanya menyisakan ujung 17 meter di atas air, dalam posisi vertikal, dengan sekat bertindak sebagai geladak.

Karena sebagian besar pemberat untuk anjungan sebenarnya adalah air laut pada kedalaman di bawah pengaruh gelombang permukaan, R/P FLIP berperilaku seperti pelampung, yang artinya hampir kebal terhadap aksi gelombang.

Lambung platform dirancang untuk menahan puntiran.

Setelah misinya selesai, udara terkompresi didorong ke dalam tangki pemberat besar, menyebabkan seluruh platform berputar kembali ke posisi horizontal.

Pengembangan platform R/P FLIP dimulai pada tahun 1960, terinspirasi dari percakapan antara peneliti Frederick H. Fisher dan direktur Marine Physical Laboratory, Fred N. Spiess.

Yang pertama mengeluh tentang masalah stabilitas saat menggunakan kapal selam untuk melakukan penelitiannya, membuat Spiess mengingat saran bahwa menjungkirbalikkan kapal mungkin membuatnya lebih stabil.

Itu memicu diskusi tentang kelayakan kapal semacam itu, dan pada bulan Juni 1962, Gunderson Brothers Engineering Company di Portland, Oregon meluncurkan FLIP.

FLIP dapat mengapung bebas di perairan terbuka, atau dapat ditambatkan ke dasar laut pada kedalaman hingga 5.000 meter, sebuah operasi yang membutuhkan satu hari penuh untuk menyelesaikan serta 50 ton peralatan.

Sebaliknya, membalik dari posisi horizontal ke vertikal membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Menariknya, karena potensi interferensi dengan instrumen akustiknya yang sangat sensitif, R/P FLIP tidak memiliki alat penggeraknya sendiri, sehingga harus ditarik oleh kapal lain.

Source : odditycentral.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular