Follow Us

Lumayan Cair Rp 900 Ribu, Pemerintah Siapkan BLT Ini Jelang Ramadhan

Rahma Imanina Hasfi - Jumat, 03 Maret 2023 | 17:07
Ilustrasi BLT Kemiskinan Ekstrem
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

Ilustrasi BLT Kemiskinan Ekstrem

Suar.ID - Memasuki bulan Maret 2023 yang bertetapan dengan Ramadhan 2023, pemerintah sudah bersiap untuk melakukan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2023.

Khususnya kepada orang miskin yang termasuk ke dalam kategori miskin ekstrem di dalam suatu desa atau kelurahan.

Mengenai data yang dipakai, adalah hasil dari verifikasi di lapangan oleh BKKBN dan telah di-Musdeskan oleh masing-masing desa atau kelurahan yang bersangkutan.

Seperti diketahui, BLT Dana Desa yang sekarang disebut BLT Kemiskinan Ekstrem akan dicairkan dengan jumlah Rp 900.000, dimana dibagi dalam 3 kali penyaluran yakni Rp 300.000 per bulan.

Berbeda dari tahun sebelumnya, jika merujuk pada juknis BLT Kemiskinan Ekstrem tidak akan diberikan sebanyak BLT DD.

Adapun jumlah penerima tidak akan lebih dari setengah dari jumlah penerima BLT DD sebelumnya.

Dikarenakan penerima bantuan ini akan difokuskan untuk mereka yang penghasilannya Rp 10.000 ke bawah, dan memiliki 4 kategori khusus.

Seperti memiliki lansia, disabilitas, memiliki penyakit menahun, serta tidak memiliki mata pencaharian tetap.

Jika ditotal secara keseluruhan, maka penerima BLT Dana Desa akan mendapatkan uang dari pemerintah sebesar Rp 3,6 juta selama satu tahun, dengan tetap mengambil anggaran dari dana desa yang ada.

Jika pada 2022 lalu penerima bantuan seperti bansos Kartu Sembako, PKH, Kartu Prakerja, dan lain-lain tidak boleh dapat, tahun ini akan lebih diperkhusus lagi.

Landasan BLT Dana Desa tahun ini tidak lagi soal pandemi Covid-19, tapi lebih kepada percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest