Follow Us

Begini Keadaan dan Keberadaan Anak-anak D.N. Aidit, Mantan Pendiri PKI

Dok Grid - Kamis, 05 Oktober 2023 | 14:27
Anak-anak D.N. Aidit
Tribun Manado

Anak-anak D.N. Aidit

Suar.ID - 30 September 1965 adalah malam dimana 6 Jendral dan 1 Perwira TNI AD diculik dan disiksa secara kejam oleh anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dan pada hari itu juga, ketua PKI, Dipa Nusantara Aidit atau D. N. Aidit dijemput oleh sekelompok anggota TNI dan seminggu kemudian, istrinya, Dokter Sutanti, pergi untuk mencari suaminya.

Keberadaan D. N. Aidit dan istrinya tidak diketahui sejak saat itu, keduanya bak hilang ditelan bumi.

Dari hasil perkawinannya, Aidit dan Sutanti diketahui memiliki 5 anak yang beranjak dewasa yaitu sang putri sulung, Ibarruri Putri Alam (Iba Aidit), anak kedua Ilya Adit, anak ketiga Iwan ID, anak ke4 dan ke-5 si kembar Ilham dan Irfan Aidit..Lantas, bagaimanakah nasib anak-anak D. N. Aidit sepeninggal ayah dan ibunya?

Berikut ini kabar anak-anak dari D.N. Aidit yang dirangkum dari berbagai sumber:

Anak-anak D.N. Aidit
Wartakota

Anak-anak D.N. Aidit

Iba Aidit dan Ilya Adit

Pada saat tragedi G30S PKI terjadi, kedua putri D. N. Aidit ini diketahui sedang bersekolah di Moscow.

Hubungan Indonesia dan Uni Soviet pada waktu itu sedang sangat dekat sehingga ada banyak warga Indonesia yang melanjutkan studi mereka di negara tersebut dengan diberi beasiswa oleh pemerintah Uni Soviet.

Namun gagalnya pembertontakan PKI hubungan kedua negara ini mTanpa bantuan pemerintah, Iba dan Ilya berpindah-pindah negara mulai dari Tiongkok, Birma, Jerman dan Perancis.

Iba menikah dengan sesama orang Indonesia dan menjadi warga negara Perancis, sedangkan Ilya menikah dengan WNA dan juga menetap di Perancis hingga saat ini.

Iwan ID

Source : intisari

Editor : Suar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular