Follow Us

Masuk Kamar Mandi Gimana? Berikut Bacaan Doa dan Adab Masuk dan Keluar WC Sesuai Ajaran Rasulullah

Rahma Imanina Hasfi - Senin, 12 September 2022 | 21:03
Ilustrasi kamar mandi - Bacaan doa dan adab di kamar mandi
rawpixel.com

Ilustrasi kamar mandi - Bacaan doa dan adab di kamar mandi

Suar.ID - Dalam kehidupan, seorang muslim dianjurkan untuk melakukan kegiatannya sesuai dengan adab yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Semisal adab tidur, berpakaian, bertamu, makan dan minum bahkan saat di kamar mandi.

Adab saat berada di kamar mandi dan bacaan doa masuk keluar kamar mandi perlu diperhatikan lantaran aktivitas buang air kecil, BAB dan mandi secara rutin kita lakukan tiap hari.

Kamar mandi biasanya terletak di bagian belakang rumah atau tersembunyi dari lalu lalalng manusia.

Nabi Muhammad SAW telah mengingatkan terlebih dulu dalam hadistnya terkait hal ini seperti dikatakan Jabir bin 'Abdillah.

خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ يَأْتِىالْبَرَازَ حَتَّى يَتَغَيَّبَ فَلاَ يُرَى

Artinya: "Kami pernah keluar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika safar, beliau tidak menunaikan hajatnya di daerah terbuka, namun beliau pergi ke tempat yang jauh sampai tidak nampak dan tidak terlihat." (HR Ibnu Majah).

Nabi Muhammad SAW bahkan memberi peringatan khusus pada orang yang buang hajat di jalan umum atau tempat bernaungnya manusia.

Hadist tentang ini diceritakan Abu Hurairah.

اتَّقُوا اللَّعَّانَيْنِ ». قَالُوا وَمَا اللَّعَّانَانِ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الَّذِى يَتَخَلَّى فِى طَرِيقِ النَّاسِ أَوْ فِى ظِلِّهِمْ »

Artinya: "Hati-hatilah dengan al la'anain (orang yang dilaknat oleh manusia)!" Para sahabat bertanya, "Siapa itu al la'anain (orang yang dilaknat oleh manusia), wahai Rasulullah?" Beliau bersabda, "Mereka adalah orang yang buang hajat di jalan dan tempat bernaungnya manusia." (HR Muslim).

Berikut 7 adab di kamar mandi sesuai dengan contoh Nabi Muhammad SAW:

1 2 3 ... 6

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest