Follow Us

Masih Bingung Cara Bayar Fidyah Karena Tak Bisa Puasa di Bulan Ramadan? Ini Dia Penjelasan Ustaz Terkait Cara Membayar Fidyah

Devi Nirmala Muthia - Kamis, 14 April 2022 | 15:04
bayar fidyah puasa Ramadan
dok.TribunJateng

bayar fidyah puasa Ramadan

Suar.ID - Sebagian umat Islam di Bulan Ramadan mungkin ada yang tak sanggup menjalankan ibadah puasa.

Baik karena kondisi hamil atau menyusui, juga karena penyakit di usia lanjut, telah diberi kelonggaran dalam menjalan puasa Ramadan.

Meski begitu, mereka masih diberi kewajiban pengganti untuk membayar fidyah.

Sayangnya, masih ada sebagian dari masyarakat yang bingung dengan tata cara membayar fidyah.

Dilansir Tribunnewsmaker, berikut ini penjelasan Ustaz Adi Hidayat terkait tata cara membayar fidyah yang benar.

Inilah satu golongan spesial yang diperbolehkan tidak berpuasa saat Ramadhan bahkan tidak perlu puasa selama Ramadhan.

Dan tidak usah mengganti setelah Ramadhan, tapi dia diperkenankan oleh Allah untuk mengganti setiap puasanya dengan memberikan makanan pada orang-orang miskin.

Hal ini tercantum dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 184 yang disebutkan dengan golongan orang-orang yang sulit berpuasa selama hidupnya.

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

"Ada orang-orang yang kata Alquran kalo dia puasa itu sulit, diibaratkan seperti kerah yang sempit, kalo orang pakai itu terasa seperti tercekik," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Source : tribunnewsmaker

Editor : Devi Nirmala Muthia

Baca Lainnya

Latest