Follow Us

Ramadhan Segera Tiba! Para Bumil Akhirnya Bisa Bernafas Lega! Ternyata Begini Penjelasan Soal Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa?

Devi Nirmala Muthia - Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:07
Ilustrasi ibu hamil
pixabay

Ilustrasi ibu hamil

Suar.ID - Bolehkah seorang ibu hamil berpuasa di Bulan Ramadhan?

Pada dasarnya, jika dalam satu kondisi yang membahayakan ibu dan bayi di dalam kandungan, seorang ibu hamil diperkenankan untuk tidak ikut berpuasa.

Namun wanita yang hamil ini diwajibkan untuk mengganti hutang puasanya dengan membayar fidyah.

Di sisi lain, ada beberapa kondisi yang membuat seorang wanita hamil dinyatakan aman untuk puasa di Bulan Ramadan.

Kira-kira apa saja tanda aman yang menunjukkan bahwa seorang ibu hamil bisa melaksanakan ibadah puasa?

Dilansir kompas.com yang mengutip dari British Nutrition Foundation, Sabtu (1/5/2021), untuk ibu hamil yang ingin tetap menjalankan ibadah puasa, maka harus dikonsultasikan lebih dulu kepada bidan atau dokter.

Sehingga, dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan, untuk mengidentifikasi potensi komplikasi yang mungkin akan Anda hadapi saat berpuasa.

Baca Juga: Bumil dan Busui Wajib Tahu Hal Ini! Sebelum Masuk Bulan Ramadan, Jangan Lupa Bayar Fidyah! Berikut Doa Niat Bayar Fidyah untuk Ganti Utang Puasa Ramadan

Dokter atau bidan akan memberikan saran, apakah puasa tidak masalah bagi kesehatan ibu, maupun kesehatan bayi yang dikandungnya.

Ilustrasi hamil
Pixabay

Ilustrasi hamil

Berpuasa saat Ramadhan bagi ibu hamil, apakah aman atau tidak, penelitian masih banyak dilakukan meskipun buktinya tidak jelas.

Source : Kompas.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest