Follow Us

KKB Papua Auto Ketar-ketir, Polda Kini Keluarkan 2 Strategi Baru yang Bisa Benar-benar Lenyapkan Sampai Seakar-akarnya, Kapolda Sebut Bakal Berubah Drastis!

Aditya Eriza Fahmi - Jumat, 18 Februari 2022 | 17:03
Ilustrasi personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli untuk menjamin keamanan warga masyarakat, ditembak KKB pada Jumat (6/11/2020).
TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI

Ilustrasi personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli untuk menjamin keamanan warga masyarakat, ditembak KKB pada Jumat (6/11/2020).

Suar.ID - Sudah menjadi rahasia umum kalau Kelompok Kriminal Bersenjata alias KKB Papua ini sering timbulkan keresahan.

Beberapa kali aksi keji KKB Papua ini sampai sempat memakan korban, mulai dari sipil hingga petugas.

Kendati begitu, kini Polda sepertinya sudah tak mau lagi terus-terusan pakai cara lama.

Perburuan pada KKB Papua kini telah memakai strategi baru.

Dilansir Surya.co.id, Polda Papua kini gelar 2 jenis operasi yaitu Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) dan Operasi Damai Cartenz.

Nantinya kedua operasi ini juga menggunakan strategi berbeda dari operasi sebelumnya yang digunakan untuk menangani KKB Papua.

Kedua operasi yang digunakan Polda Papua untuk menangani masalah KKB Papua ini menggunakan Pola yang mengedepankan pendekatan kesejahteraan dan kebudayaan.

Dalam pelaksanaannya, Operasi Rasaka ini akan dilakukan di 23 Polres yang mencakup 24 Kabupaten/kota.

Sedangkan, Operasi Damai Cartenz akan dilakukan di 5 Kabupaten yang masuk dalam zona merah yaitu Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga, Puncak dan Intan Jaya.

Baca Juga: KKB Ketar-Ketir Hingga Layangkan Protes, Terungkap Inilah Kekuatan 3 Pasukan Khusus TNI yang Siap di Kirim ke Papua, Kemampuannya Bikin Musuh Terkencing-kencing!

Dalam acara "Diskursus Pemolisian Polda Papua" di Jayapura, Selasa (15/5/2022), Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri sampaikan kalau cara lama untuk mengatasi KKB Papua ini akan diubah.

Source : SURYA.co.id

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest