Follow Us

'Dipukuli Sampai Lebam-lebam' Babak Baru Kasus Korupsi Bupati Langkat! Komnas HAM Kecam Keras Tindakan Kerangkeng Puluhan Orang di Rumah Pribadinya

Rahma Imanina Hasfi - Selasa, 25 Januari 2022 | 10:02
Seorang korban diduga perbudakan yang dilakukan oleh tersangka kasus korupsi Bupati Langkat
Tribunnews

Seorang korban diduga perbudakan yang dilakukan oleh tersangka kasus korupsi Bupati Langkat

Suar.ID - Komisioner Komnas HAM RI M Choirul Anam meminta polisi memastikan keberadaan 40 orang korban dugaan perbudakan di rumah Bupati Langkat Nonaktif, Terbit Rencana Peranginangin.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima pengaduan Migrant Care terkait dugaan praktik perbudakan tersebut di kantor Komnas HAM Jakarta pada Senin (24/1/2022).

"Memastikan minimal 40 orang ini ada keberadaannya. Sehingga ketika kami datang ke sana, bisa menjelaskan di mana mereka, karena itu bagian dari tugas kepolisian," kata Anam.

Selain itu, Anam juga meminta agar bukti di lokasi, saksi, dan hal terkait lainnya tidak diutak-atik.

"Kami minta untuk seluruh informasi yang terkait bukti ini, tempatnya, saksinya, dan sebagainya tidak mengalami perubahan," kata Anam.

Anam menekankan apabila nantinya ditemukan adanya perubahan signifikan terkait hal tersebut maka publik akan mempertanyakannya.

"Kalau mengalami perubahan jangan salahkan publik juga bertanya kok ini berubah kesini, berubah ke sini kenapa kok saksi awalnya di sana kok pindah ke tempat asalnya yang susah diakses dan sebagainya. Jangan salahkan semua orang akan menanyakan itu kalau sampai ada perubahan yang signifikan," kata Anam.

Lebih dari 40 orang pekerja kebun sawit sudah dipenjarakan Bupati Kabupaten Langkat Terbit Rencana, di kediaman pribadinya, Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala.

Puluhan orang ini diperbudak dan disiksa oleh Terbit, di dalam penjara tersebut.

Penjara milik Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.
HO/Tribun-Medan.com

Penjara milik Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.

Baca Juga: Jadi Orang Kepercayaan Bupati Abdul Gafur Masud, Wanita Cantik Berjilbab Itu Kini Dapat Gelar Koruptor Termuda Di Indonesia: Selamat Menempuh Hidup Baru

Setelah diperbudak, puluhan pekerja itu juga tidak diberi gaji dan upah oleh Terbit.

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest