Follow Us

Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur Akan Diberi Nama Nusantara, Jokowi: Membangun Kota Baru yang Smart

Adrie Saputra - Senin, 17 Januari 2022 | 20:37
Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa
Kompas.com

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa

Suar.ID - Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas baru-baru ini mengungkapkan bahwa ibu kota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama "Nusantara".

Mengutip dari Kompas.com, hal ini diungkapkan Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat."

"Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso, Senin.

Baca Juga: 'Mereka Bilang Aku Terlalu Naif', Diwanti-wanti Keluarga, Gadis 19 Tahun ini Kini Menyesal Usai Nikah Cuma Modal Cinta dengan Pria Seumuran Ayahnya

Suharso menuturkan, nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

Menurut Suharso, nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di dunia internasional.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso.Sebelumnya, draf RUU IKN belum mencantumkan nama ibu kota baru sehingga hanya disebut sebagai "IKN [...]" di dalam draf RUU tersebut.

Baca Juga: 'Mau Ngapain?', Pantau CCTV, Fuji Syok Bukan Main, Niat Ajak Jalan-jalan, Doddy Sudrajat Diam-diam Bawa Preman Saat Datang ke Rumah Haji Faisal

Ibu kota baru bakal jadi smart city

Desain istana negara di ibu kota baru banjir kritikan dari ikatan arsitek.
Dok. Tribunnews

Desain istana negara di ibu kota baru banjir kritikan dari ikatan arsitek.

Regulasi ibu kota baru ditargetkan selesai pada bulan ini.

Pemerintah juga mulai memetakan sejumlah kementerian dan lembaga yang akan pertama kali berkantor di wilayah yang masuk dalam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

Source : Kompas.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest