Follow Us

BERITA TERPOPULER: Max Stahl, Sosok Yang Lihat TNI Tembaki Ratusan Warga Timor Leste Di Peristiwa Santa Cruz | Nagita Slavina Nangis, Raffi Ahmad Sewa Kuasa Hukum, Ada Apa?

Moh. Habib Asyhad - Kamis, 30 Desember 2021 | 10:44
berita terpopuler Suar.ID edisi Kamis, 30 Desember 2021. Dari Max Stahl saksi pembantaian Santa Cruz di Timor Leste hingga cerita rumah tangga Nagita Slavina - Raffi Ahmad.
BBC

berita terpopuler Suar.ID edisi Kamis, 30 Desember 2021. Dari Max Stahl saksi pembantaian Santa Cruz di Timor Leste hingga cerita rumah tangga Nagita Slavina - Raffi Ahmad.

Suar.ID - Berikut berita terpopuler Suar.ID edisi Kamis, 30 Desember 2021. Dari Max Stahl saksi pembantaian Santa Cruz di Timor Leste oleh TNI hingga cerita rumah tangga Nagita Slavina - Raffi Ahmad.

Max Stahl, Wartawan Inggris Yang Lihat Dengan Mata Kepala Sendiri Tentara Indonesia Tembaki Warga Timor Leste Saat Peristiwa Santa Cruz 1991

Peristiwa Santa Cruz 1991 menjadi salah satu noda hitam yang mencoreng muka tentara Indonesia (TNI) di Timor Leste, ketika itu masih bernama Timor Timur.

Setidaknya ada 270 orang yang meninggal di peristiwa berdarah tersebut.

Salah satu sosok yang berhasil merekam aksi brutal tentara itu adalah Max Stahl, wartawan berkebangsaan Inggris.

Max Stahl sendiri telah meninggal dunia pada akhir Oktober 2021 lalu di usia 66 tahun.

Selain sebagai wartawan, Max Stahl adalah seorang pembuat film.

Salah satu karya monumentalnya adalah mengabadikan peristiwa Santa Cruz yang terjadi di kota Dili, Timor Timur--sekarang Timor Leste--pada 1991.

Max Stahl lahir di Inggris dengan nama Christopher Wenner pada 1954.

Sudah banyak penghargaan yang diraih oleh Max Stahl selama berkarier sebagai seorang wartawan.

Baca artikel selengkapnya di sini

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest