Follow Us

Masih Miskin Dan Tak Kunjung Punya Mata Uang Sendiri, Nasib Timor Leste Kini Terombang-Ambing Tanpa Tujuan Setelah Hampir 20 Tahun Lepas dari Indonesia

Devi Nirmala Muthia - Rabu, 15 Desember 2021 | 15:30
Ilustrasi. Uang yang diguanakan orang Timor Leste.
Pixabay

Ilustrasi. Uang yang diguanakan orang Timor Leste.

Suar.ID - Tak kunjung punya mata uang sendiri, nasib Timor Leste kini terombang-ambing tanpa tujuan setelah 19 tahun memisahkan diri dari Indonesia.

Seperti yang diketahui publik, Timor Leste pernah menjadi bagian dari tanah air dengan nama Timor Timur.

Namun sejak referendum PBB tahun 2002, Bumi Lorosae ini akhirnya resmi berpisah dan mengganti namanya menjadi Timor Leste.

Seperti dilansir Tribun Timur, alasan utama Timor Leste ingin berpisah dari Indonesia tak lain adalah ingin mengelola hasil kekayaan alamnya sendiri.

Namun, setelah 19 tahun memilih untuk berdaulat sendiri, nasib Timor Leste kini justru terombang-ambing bak tanpa tujuan.

Bahkan, sampai hari ini, Timor Leste sampai hari ini masih belum memiliki mata uang sendiri layaknya negara yang berdaulat pada umumnya.

Baca Juga: Terbongkar Sudah! Bukan Cuma Australia, Ternyata Inilah Negara Yang Menghasut Timor Leste Bersikeras Ingin Melepaskan Diri dari Indonesia

Warga Timor Leste
Reuters/ Tribun Timur

Warga Timor Leste

Hingga hari ini, seperti yang dikutip dari kompas.com, Timor Leste masih menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat sebagai mata uang yang diakui.

Penggunaan mata uang dollar Amerika Serikat sebaga mata uang resmi yang beredar di Bumi Lorosae bukan tanpa alasan.

Sesuai peraturan di dalam Peackeeping PBB, dollar AS dipilih sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Source : intisari, Tribun Timur

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest