Follow Us

Inilah Daftar 225 Lokasi Peserta yang Diduga Melakukan Kecurangan Tes CPNS: Siap-siap Didiskualifikasi Ya!

Adrie Saputra - Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:07
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020).  Sebanyak 51.875 peserta yang terbagi dua kota dan empat kabupaten diantaranya Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut dan Kabupaten Pangandaran mengikuti seleksi yang dilaksanakan pada 1-27 Februari 2020. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.
ANTARA FOTO

Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). Sebanyak 51.875 peserta yang terbagi dua kota dan empat kabupaten diantaranya Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut dan Kabupaten Pangandaran mengikuti seleksi yang dilaksanakan pada 1-27 Februari 2020. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/hp.

Suar.ID - Netizen baru-baru ini dihebohkan dengan dugaan adanya kecurangan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021.Dikutip dari KOMPAS.com pada Rabu (27/10/2021), hal itu berawal dari cuitan netizen dengan akun Twitter @txtdaridgmbk.Dalam unggahannya, dirinya menyebutkan adanya dugaan kecurangan seleksi di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.Hal ini pun langsung menghebohkan publik.

Baca Juga: Terduga Pelaku Kasus Pembunuhan Subang Makin Mengerucut! Saksi Ini Mengaku Sempat Melihat Mobil Alphard Hampir Dibawa Lari Secara Amatiran Hingga Halangi Jalan UmumKepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama pun juga menyampaikan bahwa hal ini telah diselidiki."Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di Tilok Mandiri Instansi Pemerintah Kabupaten Buol yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak sistem seleksi CASN Nasional dengan modus remote access," ujarnya.Dalam kecurangan tersebut, peserta tes CPNS bisa mengerjakan soal sebanyak 110 soal dengan waktu hanya 40 menit saja.

Baca Juga: Jenazahnya Harus 3 Kali Dimandikan dengan Detergen, Terungkap Artis Cantik Ini tak Tinggalkan Harta untuk Anak-anaknya hingga Dikabarkan tak Punya Biaya Sekolah, Ogah Jual Rumah Mewah Gegara Hal Ini

Bahkan, mereka bisa mencapai nilai hingga lebih dari 400.Sedangkan, mengutip TribunJakarta.com pada Rabu (27/10/2021), setidaknya ada 225 peserta yang terancam didiskualifikasi oleh BKN.Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo."Perlu dilakukan diskualifikasi terhadap 225 peserta yang diduga melakukan kecurangan," tulisnya di dokumen laporan yang dibagikan pada Rabu (27/10/2021)."Diskualifikasi ini perlu segera disampaikan kepada masing-masing instansi," lanjutnya.Berikut daftar lokasi seleksi 225 peserta yang diduga melakukan kecurangan:- Kabupaten Buol : 27 orang- Kabupaten Enrekang : 5 orang- Sulawesi Barat (Gedung PKK Mamuju) : 40 orang

Baca Juga: Sudah Kelewat Batas, Walikota Solo Akhirnya Turun Tangan dalam Masalah Tewasnya Mahasiswa UNS dalam Diklat Menwa, Gibran: Ini Juga Tanggung Jawab Saya!

- Mandiri Lampung : 23 orang- Kabupaten Mamasa : 19 orang- Kabupaten Sidenreng Rappang : 62 orang- Kabupaten Buton Selatan : 41 orang- Kabupaten Luwu : 4 orang- Mandiri Kumham Sulawesi Selatan : 4 orang.

Source : Kompas.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest