Follow Us

Tak Cuma Ampuh Atasi Diare, Begini Mengolah Daun Jambu Biji untuk Cara Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan Ini

Rahma Imanina Hasfi - Senin, 27 September 2021 | 20:00
Daun jambu biji
Livemaster

Daun jambu biji

Suar.ID - Tidak banyak yang tahu soal apa sebenarnya manfaat daun jambu biji.

Manfaat daun jambu biji yang kita tahu yakni bisa membantu mengatasi diare.

Daun jambu biji penuh dengan antioksidan, agen anti-inflamasi, antibakteri, dan bahkan tanin yang dapat memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, mulai dari mengobati masalah perut hingga penyakit kronis seperti kanker.

Minum teh daun jambu biji, mengambil ekstraknya sebagai kapsul, atau menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam secangkir air hangat dapat membantu melonggarkan usus untuk mengobati diare.

Baca Juga: Selama Ini Dihindari Orang yang Diet Padahal Salah Kaprah! Ternyata Konsumsi Nasi Putih Sebelum Tidur Justru Banyak Khasiat dan Bisa Jadi Cara Mengatasi Insomnia!

Dalam sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Smooth Muscle Research, para peneliti berusaha untuk menguji sifat anti-diare daun jambu biji pada tikus.

Mereka menemukan ekstrak tersebut mampu menunda timbulnya diare akibat minyak jarak, mengurangi frekuensi buang air besar, dan mengurangi keparahan diare pada tikus.

Ilmu ini pantas menggunakan folkloric tanaman sebagai obat alami untuk mengelola dan mengendalikan diare.

Tidak hanya untuk mengatasi diare, berikut beberapa manfaat daun jambu biji yang tidak banyak orang tahu, dilansir dari Medicaldaily.com.

1. Diabetes

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji dapat membantu mengelola diabetes dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, ekstrak daun jambu biji dapat mencegah diabetes tipe 2 berkembang.

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest