Follow Us

Bikin Warungnya Auto Ramai Pembeli! Ternyata Begini Cara Membuat Sambal Pecel Lele yang Nikmat, Tambahkan Bumbu Dapur Ini!

Adrie Saputra - Sabtu, 25 September 2021 | 15:03
Pecel Lele
Kompas.com

Pecel Lele

Suar.ID - Resep rahasia sambal pecel lele yang miliki rasa nikmat akhirnya terungkap.Banyak orang suka, sambal pecel lele ternyata punya resep rahasia yang tak banyak diketahui orang.Siapa sangka, pedagang kaki lima punya memiliki bahan khusus agar rasa sambalnya benar-benar memiliki cita rasa yang khas.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Rutin Konsumsi Minuman Ini Ternyata Bisa jadi Cara Mengatasi Kesulitan TidurSelain punya rasa yang khas dan aromanya juga sungguh menggugah selera.Mungkin Anda pernah mencoba membuatnya di rumah, namun hasilnya berbeda.Nah, akhirnya terungkap rahasia bikin sambal ala pecel lele ini.

Resep rahasia sambal pecel lele ini bisa membuat warung makan ramai pembeli lho!

Baca Juga: Sayur Ini Punya Sifat Anti Kanker Lho! Bahkan Rutin Dikonsumsi Bisa Jadi Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi, Sayur Apakah Itu?

1. Bawang putih lebih banyak daripada bawang merahSelama ini kebanyakan orang menggunakan bawang merah yang lebih banyak ketimbang bawang putih saat bikin sambal.Nah kalau mau mirip pecel lele, bawang putihnya harus lebih banyak.Cobain deh sekali-kali bikin di rumah sambal terasi dengan bawang putih lebih banyak dari bawang merahnya.Rasanya jadi lebih gurih dan aromanya juga lebih sedap.Inilah yang bikin sambal terasi ala pecel lele jadi sangat khas.

2. Tomat yang banyakTekstur sambal terasi ala pecel lele memang lebih encer, coba perhatikan, deh.Tekstur ini didapat dari penggunaan tomat yang cukup banyak.Hasilnya, rasa sambal jadi tidak terlalu pedas tapi teksturnya encer dan enak.

Baca Juga: Satu Indonesia Nyesel Baru Tahu, Nyatanya Semudah ini Cara Mengatasi Tikus di Rumah Bermodalkan Mentega, Dijamin Balik Lagi Aja Ogah Loh!

3. Pakai terasi mudahTak bisa dipungkiri, aroma terasi dari sambal terasi ala pecel lele sangatlah khas.Terasi yang digunakan ternyata berpengaruh besar pada rasa sambal terasi ala pecel lele, lho.Biasanya pedagang menggunakan terasi murah yang kualitasnya rendah.Hasilnya, aroma terasi lebih kuat dan bahkan aromanya sulit hilang dari tangan setelah kita selesai makan.Kalau di rumah pakai terasi berkualitas baik, rasanya sudah pasti beda banget.Itu sebabnya kita tak bisa membuat sambal yang menyamakan sambal terasi ala pecel lele ini.4. Goreng semua bahan dengan minyak jelantahNah, yang sulit juga kita ikuti di rumah adalah bahan-bahan sambal pecel lele digoreng dalam minyak jelantah bekas menggoreng lele.Minyak ini biasanya sudah berwarna hitam karena digunakan menggoreng lele berulang kali.Hasilnya, minyak ini juga memberikan rasa dan aroma pada bahan-bahan sambal sehingga rasanya jadi lebih enak.Tapi kalau di rumah, kita pasti takut menggunakan minyak jelantah kan?Soalnya, minyak jelantah memang berbahaya bagi kesehatan.Belum lagi, hampir tak mungkin juga ibu di rumah bisa menghasilkan minyak jelantah sehitam dan sepekat pedagang pecel lele.Nah, hal inilah yang membuat kita kesulitan membuat sambal seperti buatan pedagang pecel lele di rumah.

Source : sajiansedap.com

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest