Follow Us

Sekarang Wajib Banget Tahu, Rajin Berjemur di Pagi Hari Ternyata Bisa Berakibat Seperti Ini Bagi Tubuh

Rahma Imanina Hasfi - Kamis, 23 September 2021 | 11:33
Berjemur di bawah sinar matahari
Freepik/cookie_studio

Berjemur di bawah sinar matahari

Suar.ID - Tidak hanya baik untuk tulang, ternyata ada banyak manfaat berjemur yang tidak banyak orang sadari.

Melansir dari Lifehack.com, penelitian yang muncul juga menunjukkan ada korelasi langsung antara kepadatan tulang dan vitamin D3.

Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan Vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. Ini mengatur penyerapan kalsium.

Baca Juga: Kebanyakan Pakai Masker Jadi Sadar Kalau Punya Masalah Bau Mulut? Tenang! Begini Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap Selain Sikat Gigi

Di sisi lain, tingkat vitamin D3 yang lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari semua jenis patah tulang.

Inilah sebabnya mengapa paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

Selain itu, berikut manfaat berjemur di pagi hari.

1. Paparan sinar matahari menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah studi penting, sekelompok peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa senyawa yang disebut oksida nitrat yang membantu menurunkan tekanan darah dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit.

Temuan ini penting karena sampai saat itu dianggap bahwa satu-satunya manfaat kesehatan sinar matahari bagi manusia adalah untuk merangsang produksi vitamin D.

Baca Juga: Mudah dan Gak Pakai Ribet, Ternyata Beginilah Cara Mengatasi Tikus di Rumah Cuma Bermodal Madu, Dijamin Ogah Balik Lagi Loh!

Richard Weller, Dosen Senior Dermatologi, dan rekan, bagaimanapun, menemukan bahwa paparan sinar matahari tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan, tetapi juga memperpanjang hidup.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest