Follow Us

Ternyata Gampang Banget! Begini Cara Mengatasi Kebingungan Soal Sertifikat Vaksin, Mulai dari Mengakses hingga Mencetaknya

Rahma Imanina Hasfi - Jumat, 20 Agustus 2021 | 18:30
Cara mengatasi kebingungan mengakses dan mencetak sertifikat vaksin
Kontan.co.id/Fransiskus Simbolon

Cara mengatasi kebingungan mengakses dan mencetak sertifikat vaksin

Suar.ID - Sertifikat vaksin Covid-19 kini mulai digunakan sebagai syarat untuk mengakses fasilitas publik pada masa pandemi Covid-19.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat perjalanan dalam dan luar negeri.

Sertifikat vaksin juga mulai menjadi syarat masuk ke pusat perbelanjaan atau mall.

Baca Juga: Dijamin Bikin Satu Indonesia Bersorak Riang, Rupanya Beginilah Cara Mengatasi Hipertensi Cuma Pakai Apel, Dalam Sekejap Ampuh Turunkan Tekanan Darah Loh!

Sertifikat vaksin Covid-19 hanya dimiliki oleh mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Banyak yang masih kebingungan, ternyata mengakses hingga mencetak sertifikat vaksin tidaklah sulit.

Untuk mengetahui status vaksinasi, bisa mengakses laman Pedulilindungi.id.

Berikut cara cek status vaksinasi Covid-19:

  • Akses laman https://pedulilindungi.id/
  • Isi nama lengkap dan nomor induk kependudukan (NIK)
  • Centang kolom "I'm not a robot" kemudian klik "Periksa"
  • Status vaksinasi akan muncul
Selain status vaksinasi, ada informasi terkait lokasi vaksinasi kedua dan riwayat hasil tes PCR dan antigen yang telah dijalani.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Bagian dari Semangka Ini Bisa Bikin Kegiatan di Ranjang Makin Menggairahkan! Simak Penjelasannya Lebih Lanjut!

Sebagian penerima vaksin mungkin ingin download sertifikat vaksin Covid-19 itu dari situs PeduliLindungi.id, sebagai kelengkapan dokumen.

Cara download sertifikat vaksin Covid-19 dan cara cetak sertifikat vaksin Covid-19 dari situs Pedulilindungi.id sendiri tergolong mudah.

Source : Kontan.co.id

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest