Follow Us

Dikirimi Pesan Via WhatsApp oleh Orang Asing yang Mengaku Anaknya, Wanita Ini Tak Sadar Kena Tipu Rp 48 Juta

Adrie Saputra - Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:17
Ilustrasi WhatsApp
Pexel

Ilustrasi WhatsApp

Suar.ID - Seorang perawat telah kehilangan banyak uang karena ada penipu yang mengaku sebagai putranya dalam serangkaian pesan via WhatsApp.Toni Parker (54), dari Wolverhampton, Inggris, kehilangan uang total 2,450 poundsterling (sekitar Rp 48 juta).Melansir dari mirror.co.uk, ibu empat anak itu menjadi sasaran penipu pada 9 Juli 2021.

Toni menerima pesan di aplikasi WhasApp yang bertuliskan "Hai ibu" dari seorang penipu, membuatnya percaya bahwa itu adalah pesan dari anak sulungnya yang bertugas di RAF.

Baca Juga: Nekat Protes PPKM Level 4 Diperpanjang Presiden Jokowi Dengan Turun Ke Japan Pakai Bikini, Dinar Candy Malah Dapat Ini, Bisa Terancam Masuk PenjaraDia mengatakan bahwa "putranya" memberi tahu tentang nomor baru setelah menjatuhkan ponselnya ke toilet.Toni menerima pesan pertama sekitar pukul 8.20 pagi ketika dia sedang berkemas untuk perjalanan ke Cornwall.

Penipu yang mengaku sebagai anaknya itu mengatakan bahwa dirinya membutuhkan pinjaman uang.Toni mempertanyakan mengapa dia tidak dapat mengirim uang langsung ke rekening normalnya, tetapi diberitahu bahwa dia tidak memiliki internet banking karena ponsel yang rusak.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19, Pria Ini Bocorkan Rahasia Mudah Cara Mengatasi Virus Corona dengan Minuman Rumahan Ini Setiap Hari, Rupanya Punya Manfaat Luar Biasa untuk Tubuh

"Penipu itu sangat meyakinkan," akunya."Saya mencintai anak-anak saya dan jika mereka mengirimi saya pesan yang membutuhkan, saya akan membantu mereka, siapa yang tidak akan membantu anak-anak mereka sendiri?""Penipu ini tahu ini dan saya pikir mereka sengaja menargetkan ibu karena naluri alami kita untuk membantu."

Toni Parker dan suaminya Doug
Mirror

Toni Parker dan suaminya Doug

Toni menambahkan, "Pesan-pesannya sangat dapat dipercaya dan para penipu ini menggunakan hubungan emosional untuk membuat Anda lengah."Dia mengirim uang itu, tetapi kemudian memberi tahu putranya yang lebih muda tentang pesan-pesan itu saat dia dan suaminya, Doug, bepergian ke Cornwall.Anaknya yang berusia 17 tahun itu dengan cepat menjadi khawatir bahwa itu adalah penipuan.Saat Toni mengecek, pesan WhatsApp sudah hilang dan dia langsung menelepon banknya.Dia telah menabung di Halifax selama 26 tahun, tetap frustrasi dengan kelakuan bank karena kurangnya bantuan dan empati.

Baca Juga: Rambut Langsung Bersinar, Begini Cara Mengatasi Uban Cukup dengan 1 Bumbu Dapur Ini, Simak Metode Membuatnya

"Saya merasa sangat kecewa dengan tanggapan mereka," lanjutnya.Rekening bank yang Toni bayar "dikosongkan dalam beberapa menit" sehingga dia diberitahu bahwa tidak ada cara untuk membalikkan pembayaran atau melacaknya.Dia melanjutkan, "Saya marah karena bank membiarkan orang lolos begitu saja, membuka dan menutup rekening dengan begitu mudah sehingga tidak bisa dilacak."Halifax mengatakan kepada Toni bahwa tidak semua transaksi digital diperiksa dan jika itu menghentikan transfer melalui perusahaan yang bersangkutan "bank akan menderita secara finansial".Toni menambahkan, "Ketika saya berbicara dengan bank, mereka mengatakan kepada saya bahwa saya seharusnya lebih berhati-hati.""Saya memang merasa bodoh, tetapi karena pekerjaannya, anak saya sulit dihubungi sehingga pesannya tidak tampak aneh."Toni dan Doug memutuskan untuk melanjutkan liburan mereka, tetapi dampak penipuan membayangi mereka.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Ketupat agar tidak Cepat Basi, Rupanya Cuma dengan Lakukan 3 Langkah Mudah Ini

Sang ibu berkata, "Saya merasa sakit, saya merasa mual, tetapi liburan kami akan kehilangan uang itu juga, jadi kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan liburan."

Toni memposting secara online untuk memperingatkan orang lain dan terkejut ketika pasangan yang tidak jauh dari rumahnya menghubunginya untuk mengatakan bahwa mereka telah menjadi korban penipuan yang sama.Seorang juru bicara Halifax mengatakan bahwa menjaga keamanan uang pelanggannya adalah "prioritas" mereka dan bank memiliki "simpati yang besar untuk Nyonya Parker".

Source : mirror.co.uk

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest