Follow Us

Kenapa Warga Malaysia Beramai-ramai Kibarkan Bendera Putih di Depan Rumah Saat Lockdown? Ternyata Ini Alasan di Baliknya

Adrie Saputra - Sabtu, 03 Juli 2021 | 12:47
Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.
Facebook

Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.

Suar.ID - Bila di Indonesia ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, di Malaysia juga ada Malaysian Movement Control (MCO).Semua itu adalah kebijakan yang diambil oleh pemerintah agar masyarakat tetap bisa aman di rumah dan angka penularan Covid-19 bisa berkurang.Selama lockdown, banyak masyarakat tidak bisa bekerja seperti biasanya.Akibatnya ada yang kesulitan untuk mendapatkan uang, bahkan untuk sekadar makan pun susah.

Baca Juga: Sempat Dikabarkan Meninggal Dunia, Begini Kondisi Memprihatinkan Gary Iskak yang Baru Saja Jatuh SakitBaru-baru ini, warga Malaysia kini akhirnya beramai-ramai mengibarkan bendera putih di depan rumah untuk melakukan kampanye solidaritas.Bagi warga yang memasang bendera putih, maka akan ada bantuan berupa paket makanan untuk yang membutuhkan.Melansir dari Malay Mail (2/7/2021), gerakan itu menginspirasi banyak orang untuk turut berkontribusi meningkatkan jumlah paket makanan.Sejumlah restoran juga turut membagi paket makanan.

Baca Juga: Covid-19 Di Indonesia Benar-benar Nggak Pandang Bulu, Putri Mantan Orang Nomor 1 Di Indonesia Pun Kini Jadi Korbannya, Semoga Almarhumah Husnul Khatimah

Meskipun begitu ada juga warga Malaysia yang sebenarnya memang menbutuhkan bantuan namun takut mengibarkan bendera putih.Melansir dari worldofbuzz.com, dua wanita lanjut usia yang membutuhkan bantuan menurunkan bendera putih karena takut.Mereka diberitahu bahwa itu "tidak sopan" dan mereka akan didenda karena melakukannya.Postingan itu akhirnya viral setelah diunggah oleh akun im Lip Eng.

Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.
Facebook

Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.

Dalam sebuah postingan Facebook, ia berbagi bahwa ia menerima informasi tentang sebuah rumah di Kepong yang telah memasang bendera putih di pintu gerbang. Dia berencana mengirimkan bantuan ke rumah itu keesokan harinya.Namun, ketika dia tiba di rumah keesokan paginya, dia menemukan bahwa bendera putih telah diturunkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelewatan! Kemenhub Buka 2.445 Formasi CPNS 2021, 684 Diantaranya untuk Lulusan SMA/SMK

Untuk memastikannya, Lim mencoba menghubungi penghuni di dalam rumah tersebut dan tidak lama kemudian, dua orang wanita tua keluar.Lim kemudian bertanya kepada mereka apakah mereka telah memasang bendera putih di gerbang mereka pada malam sebelumnya dan mereka menjawab, "Ya, tetapi kami menurunkan bendera itu karena seseorang mengatakan kepada kami bahwa apa yang kami lakukan tidak sopan.""Ada juga yang bilang kalau kami memasangnya, kami akan didenda, jadi kami takut."

Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.
Facebook

Warga Malaysia kibarkan bendera merah putih.

Lim mengatakan bahwa dia kemudian mengetahui bahwa kedua wanita tua itu saat ini tinggal bersama saudara laki-laki mereka yang dulu bekerja sebagai pandai besi. Namun karena adanya MCO, dia tidak bisa lagi bekerja.Akun itu juga menulis bahwa penting untuk menyingkirkan perasaan malu ketika ingin meminta bantuan, dan menambahkan bahwa dia mengerti terkadang sulit untuk berani dan meminta bantuan."Tetapi selama masa-masa sulit ini, jika Anda membutuhkan bantuan, tanyakan saja. Pasti akan ada seseorang yang menanggapi permintaan tersebut. Saya juga bisa!" katanya.

Source : Facebook

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest