Follow Us

Usir dan Dorong Petugas Pemakaman, Warga Rebut Jenazah Covid-10 hingga Bongkar Paksa Peti Mati

Rahma Imanina Hasfi - Sabtu, 03 Juli 2021 | 10:40
Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19 - Dinas Pertamanan dan Kehutanan Jakarta mengubur peti mati salah satu dari 19 korban virus Covid di Pemakaman Umum Tegal Alur, Jakarta Barat
The Jakarta Post

Ilustrasi pemakaman jenazah Covid-19 - Dinas Pertamanan dan Kehutanan Jakarta mengubur peti mati salah satu dari 19 korban virus Covid di Pemakaman Umum Tegal Alur, Jakarta Barat

Suar.ID - Sebuah video yang memperlihatkan warga mengusir petugas Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang hendak memakamkan jenazah viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat aksi warga menolak proses pemakaman yang dilakukan sesuai prosedur penanganan jenazah Covid-19.

Peristiwa itu terjadi di rumah duka di Desa Singa, Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Innalillahi Wa Innaillaihi Rojiun, Putri Presiden Soekarno Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Usai Dirawat di ICU RSPAD karena Covid-19

Ketua Tim Pemakaman Covid-19 Bulukumba, Muh Suparto mengatakan, rencananya saat itu petugas akan segera memakamkan jenazah tersebut.

Namun, setelah mobil jenazah tiba, sejumlah warga datang dan mengambil paksa peti lalu dibawa masuk ke rumah duka.

"Waktu itu mobil ambulans tiba, saya meminta kepada tim agar membawa langsung peti ke pemakaman."

"Tapi tiba-tiba warga berdatangan mengambil peti dari mobil lalu dibawa masuk ke rumah duka," kata Suparto dilansir Kompas.com.

Petugas Pengubur Jenazah Covid-19, Public Safety Center (PSC) Bulukumba, Muh Sahrul mengatakan, saat itu dirinya mendapatkan tugas penguburan secara Covid-19 dari Dinas Kesehatan Bulukumba.

Namun, ketika sampai di lokasi, sejumlah keluarga pasien menolak.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Karena Covid-19

"Iya kami diusir dan beberapa petugas didorong, peti mati dibongkar secara paksa lalu kami disuruh pulang," ujarnya, Kamis (1/7/2021), seperti dikutip dari Tribun-Timur.com.

Source : Tribunnews.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest