Follow Us

Wow Keren! Insinyur Ini Membuat Sepeda dengan Teknologi Self-Balancing

Adrie Saputra - Sabtu, 19 Juni 2021 | 20:03
Sepeda self-balancing
Oddity Central

Sepeda self-balancing

Suar.ID - Setelah kehilangan keseimbangan dan jatuh dari sepedanya, seorang insinyur China yang cerdas mendedikasikan waktu luangnya untuk merancang dan membuat sepeda yang tidak hanya bisa menyeimbangkan diri, tetapi juga bisa mendeteksi dan menghindari rintangan.

Insinyur berbakat itu terpesona oleh sepeda self-driving yang dibuat oleh para ilmuwan di Beijing Tsinghua University pada tahun 2019, dan setelah mengalami kecelakaan sepeda yang menyebabkan luka ringan di wajahnya, insinyur muda itu memutuskan untuk membuat sepeda self-balancing sendiri.

Baca Juga: Masih Ingat Kasus Restoran Fiktif dengan Menu Abal-abal yang Viral? Sang Pemilik Restoran ini Pun Akhirnya Berhasil Ditangkap, Terungkap Punya 30 Resto Jadi-jadian Hingga Hal Tak Terduga ini!Hanya mendedikasikan waktu luangnya (kebanyakan akhir pekan), selama empat bulan, Zhi Hui Jun berhasil merancang dan membangun sepeda self-balancing yang mengesankan.

Dia menggunakan sistem akselerometer dan giroskop canggih yang mampu memantau gerakan halus sepeda dan mengoreksinya.

Baca Juga: Tiba-tiba Diceraikan Lulu Tobing yang tak Menuntut Harta Gono-gini dari Pengusaha yang Kaya 7 Turunan, Bani Maulana Bersikeras Tetap Lakukan Hal Ini

Sistem itu membuat sepeda tidak pernah miring ke satu sisi.Berkat sistem Zhi Hui Jun, yang ditenagai oleh baterai lithium, sepeda dapat menjaga keseimbangannya baik saat diam maupun bergerak.

Bahkan saat menggantung beban berat, seperti batu bata, di salah satu setang keseimbangan tetap terjaga.

Sistem ternyata dengan cepat mengkompensasi perbedaan berat untuk menjaga level.Seolah-olah sepeda self-balancing DIY yang dibuat oleh satu orang tidak cukup mengesankan, kreasi Zhi Hui Jun juga dilengkapi kamera penginderaan kedalaman RGB dan sensor LIDAR yang memungkinkannya menghindari rintangan yang terdeteksi pada lintasannya.

Baca Juga: Inilah Sosok Brata Angga Kartasasmita, Pria yang Sedang Dijodohkan-jodohkan dengan Ayu Ting Ting

Zhi Hui Jun lulus dari China University of Electronic Science and Technology pada tahun 2018, dan sejak itu telah menjadi bagian dari program Young Genius Huawei dan bekerja di program kecerdasan buatan pengembang smartphone Oppo.

Di saluran YouTube-nya, insinyur muda itu memposting serangkaian proyek menarik, dari bank daya yang menampilkan layar warna mereka sendiri, hingga robot kecil.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest