Masih Ingat Kasus Restoran Fiktif dengan Menu Abal-abal yang Viral? Sang Pemilik Restoran ini Pun Akhirnya Berhasil Ditangkap, Terungkap Punya 30 Resto Jadi-jadian Hingga Hal Tak Terduga ini!

Sabtu, 19 Juni 2021 | 15:33
Kolase: Instagram @kdeviana dan TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO

Sempat viral di media sosial restoran fiktif, kini sang pemilik pun berhsail diamankan, terungkap fakta mengejutkan ini.

Suar.ID- Sebelumnya sempat viral di media sosial soal restoran fiktif.

Video viral ini dibuat dan juga diunggah di Instagram dengan nama akun Instgram @kdviana.

Dalam video ini, sang pemilik akun membongkar aksi nakal pemilik resto yang diduga menggunakan nama resto makanan terkenal.

Bahkan lengkap dengan unggahan foto makanan yang terlihat mewah.

Baca Juga: Viral Curhatan Seorang Wanita yang Kecewa karena Beli Nasi Ayam Rp 50 Ribuan: Ternyata Tak Sesuai dengan Ekspektasi!

Tak sampai disitu, harga tiap makanan ini pun tak wajar.

Ketika didatangi, rupanya resto ini hanya sebuah rumah yang digunakan sebagai kedai atau dapur untuk memasak.

"Ini pakai nama-nama resto terkenal seperti Bebek Purnama, Nasi Padang Ampera ini juga ada letaknya di Kejawan Tambak," ujar perekam yang ada dalam video tersebut.

Baca Juga: Bikin Melongo! Inilah Misteri Tanaman Raksasa yang Ada di Pulau Sakhalin

"Harganya juga mahal-mahal, fotonya bagus." lanjutnya.

Usai video ini viral, sang pemilik restoran fiktif yang berinisial ES ini berhasil ditangkap.

TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO
TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO

Tersangka pemilik resto fiktif ES saat diamankan di Mapolrestabes Surabaya.

ES ini berhasil diamankan Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya.

Baca Juga: Lucinta Luna Mantap Nikahi Bule Turki yang tak Tahu Dirinya Transgender usai Sadar Identitasnya sebagai Wanita Jadi-jadian Diketahui Satu Indonesia: Aku udah gak Laku di Sini

Dilansir TribunJatim.com, ES ini diketahui sudah menjalankan bisnis restoran fiktif ini sejak tahun 2019.

Dari hasil tipu-tipunya ini, ia mampu meraup keuntungan hingga Rp 5 juta per bulan dari tiap outlet miliknya.

"Sudah setahun lebih (beroperasi), tujuannya gak sengaja buat nama yang sama, untungnya per bulan sekitar Rp 5 juta," kata ES.

Selanjutnya, ES pun mengungkapkan kalau dirinya ini mendaftarkan menu dan nama restoran ini secara online.

Baca Juga: Pesona Kecantikannya Buat Ariel NOAH dan Reino Barack Klepek-klepek, Terungkap Wajah Luna Maya Saat Kecil Ternyata Tak Berubah Hingga Kini, Netizen Pun Kagum Sampai Sebut Mirip Dea Imut, Seperti Apa Ya?

Untuk kriteria dan syarat yang dilakukan disampaikan secara terlampir melalui email dan verifikasi ke pihak merchant ojek online.

"Di setiap kitchen ada beberapa menu, untuk identitas (setiap menu dan resto) menggunakan nama rekan, sistemnya kerjasama, seperti konsinyasi stok lauknya," ujarnya.

Sementara itu,Kanit Resmob Polrestabes Surabaya Iptu Arief Rizky Wicaksana ini diketahui telah berhasil mengamankan pelaku pada Sabtu (12/6).

"Terjadi pada tanggal 9 Juni 2021 dan membuat laporan disini (SPKT Polrestabes Surabaya), pada tanggal 12 Juni 2021 kami mengungkap dan mengamankan ES dalam bisnis ini," tuturnya.

Baca Juga: Meski Non-Muslim, Celine Evangelista ini Kerap Ikut Kajian Hingga Disebut-sebut Bakal Jadi Mualaf, Kini Istri Stefan William ini Tetiba Unggah Tausyiah Islami dan Singgung Soal Sedekah, Ada Apa Ya?

Rizky pun menjelaskan kalau ES ini melakukannya sesuai inisiatif sendiri dan ada beberapa platform yang dimiliki.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM

Tangkapan layar postingan Instagram @kdeviana terkait penipuan resto online.

"Yang bersangkutan (ES) ini punya pekerjaan lain, nanti kita daftar pakai identitas orang lain, pemilik resto lain ada komplain juga, tapi yang laporan ini korban (masyarakat)," tutur dia

"Pihak aplikasi juga kami mintai keterangan, sejauh ini semua outletnya sudah ditutup ya, setiap outlet ada 4-5 akun, rukonya ngontrak."

Baca Juga: Kini Nasib Buruk Sedang Menantinya, Selain Sebut Mantan Suami Gemar Selingkuh Sana-Sini, Nindy Ayunda Juga Diduga Sebut Mantan Mertua Selingkuh Dengan Karyawannya Sendiri, Sudah Dilaporkan Ke Polisi

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Sumber : TribunJatim.com

Baca Lainnya