Follow Us

Menurut Studi, Orang yang Selamat dari COVID-19 Mungkin hanya Membutuhkan Satu Dosis Vaksin

Adrie Saputra - Kamis, 13 Mei 2021 | 14:02
WHO Ungkap Asal Virus Corona
pixabay

WHO Ungkap Asal Virus Corona

Suar.ID - Individu yang telah pulih dari COVID-19 menunjukkan respons antibodi yang kuat setelah menerima dosis pertama vaksin mRNA, tetapi menunjukkan sedikit manfaat kekebalan setelah mendapatkan dosis kedua mereka, menurut penelitian baru dari para ilmuwan di Penn Institute of Immunology. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Science Immunology ini membantu para peneliti lebih memahami imunobiologi di balik vaksin COVID-19 untuk mengembangkan strategi imunisasi.

Perlu juga dicatat bahwa dua vaksin utama yang saat ini digunakan di Amerika Serikat adalah inokulan Pfizer / BioNTech dan vaksin Moderna, keduanya merupakan vaksin mRNA.

Baca Juga: Nadiem Makarim Menegaskan Bahwa Belajar Tatap Muka Harus Mulai Serentak Dilakukan Mulai di Bulan IniApa itu vaksin mRNA?

Banyak dari vaksin COVID-19 yang dikembangkan menggunakan bentuk virus COVID-19 yang dilemahkan atau tidak aktif untuk merangsang respons kekebalan dalam tubuh manusia.

Namun, vaksin mRNA bekerja secara berbeda. Vaksin ini bekerja dengan mengajar sel untuk mensintesis protein (atau bagian dari protein) yang pada gilirannya mengaktifkan respons imun.

Baca Juga: Beredar Isu Vaksin Gotong Royong yang Ditujukan untuk Orang Kaya, Ternyata Ini Fakta yang Sebenarnya

Respon imun inilah yang menghasilkan antibodi yang melindungi individu ketika dia bersentuhan dengan virus yang sebenarnya. Dalam kasus vaksin Pfizer dan Moderna, mRNA - materi genetik yang menginformasikan sel cara membuat protein - dikirim dalam lapisan yang melindunginya dari kerusakan.

MRNA itu sendiri mengajarkan sel untuk menghasilkan salinan protein lonjakan COVID-19 yang memicu respons imun.

Saat terkena virus yang sebenarnya nanti, tubuh kemudian mampu mengenali protein lonjakan dan menyerangnya. Apa yang ditemukan dalam penelitian itu?

Respon kekebalan alami terhadap vaksin dan infeksi, secara efektif, melibatkan dua fenomena utama - pembentukan antibodi yang memberikan kekebalan cepat dan pembentukan sel B memori yang membantu memberikan kekebalan jangka panjang. Studi yang pertama mempelajari bagaimana respons sel memori B berbeda antara mereka yang telah terinfeksi COVID-19 dan mereka yang tidak. "Studi vaksin COVID-19 mRNA sebelumnya pada individu yang divaksinasi lebih berfokus pada antibodi daripada sel B memori."

Baca Juga: Pemerintah Israel Berikan Vaksin Corona kepada Warganya dengan Sangat Cepat, Menteri Kesehatan: Kami Terus Memimpin di Seluruh Dunia

"Sel B memori adalah prediktor kuat dari respons antibodi di masa depan, itulah mengapa sangat penting untuk mengukur respons sel B terhadap vaksin ini," kata E John Wherry, ketua Departemen Sistem Farmakologi dan Terapi Terjemahan dan direktur Penn Institute of Immunology. 44 orang sehat yang telah menerima vaksin Pfizer atau Moderna direkrut untuk penelitian ini.

Source : Times Now News

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest