Follow Us

Aset Kekayaan Keluarga Cendana 1 Per 1 Dipereteli Oleh Negara Di Bawah Presiden Jokowi, Setelah Ratusan Rekening Milik Yayasan Supersemar Kini Giliran TMII Yang Diambil Oleh Negara

None - Senin, 19 April 2021 | 08:04
Satu per satu aset kekayaan Keluarga Cendana diambilalih oleh negara, yang paling baru adalah Taman Mini Indonesia Indah alias TMII
Wikipedia

Satu per satu aset kekayaan Keluarga Cendana diambilalih oleh negara, yang paling baru adalah Taman Mini Indonesia Indah alias TMII

Suar.ID - Satu per satu aset kekayaan Keluarga Cendana diambilalih oleh negara.

Tentu saja yang paling baru adalab Taman Mini Indonesia Indah alias TMII.

Pemerintah juga sudah menyita ratusan rekening keluarga penguasa orde baru yang dimiliki oleh Yayasan Supersemar.

Terkait hal itu, Direktur Barang Milik Negara (BMN) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu Encep Sudarwan angkat bicara.

Dia bilang, ada dua aset milik Presiden ke-2 RI itu yang sebelumnya sudah diambil alih, yakni Gedung Granadi dan villa di Megamendung.

"Selanjutnya yang Gedung Granadi dan aset di Megamendung, sepanjang itu BMN dikelola DJKN," kata Encep dalam konferensi video, Jumat (16/4/2021).

Dia menuturkan, Kemenkeu merupakan pengelola barang atas aset-aset yang disita negara.

Sementara pengguna barang adalah K/L terkait yang mengambil alih, seperti halnya TMII diambil alih Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Sepanjang BMN apapun juga ada pengelolanya, jadi kalau itu sudah jadi barang milik negara, pasti dikelola untuk DJKN," sebut dia.

Penyerahan TMII ke negara membuat pemerintah merogok kocek untuk mengasuransikan.

Karena setiap BMN, ujar Encep, memang perlu diasuransikan.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest