Seperti Manusia, Buaya Purba 120 Juta Tahun yang Lalu Berjalan dengan Dua Kaki, Peneliti: 'Sama Tingginya dengan Kaki Manusia Dewasa'

Muflika Nur Fuaddah - Rabu, 07 April 2021 | 15:37
Buaya purba berjalan dengan dua kaki
The Guardian

Buaya purba berjalan dengan dua kaki

Suar.ID - Buaya purba sekitar 120 juta tahun yang lalu berjalan dengan dua kaki seperti T. rex.

Itu berdasarkan temuan dan analisis para peneliti terhadap jejak kaki yang ditinggalkan oleh reptil itu di Korea Selatan.

Tidak ada tulang fosil yang diketahui dari buaya aneh ini, tetapi jejak kakinya yang berusia hingga 120 juta tahun terawetkan di dalam batu.

"Untuk pertama kalinya, kami memiliki bukti bahwa beberapa buaya raksasa Zaman Kapur berkaki dua dan benar-benar dirancang seperti dinosaurus karnivora," kata rekan peneliti studi Martin Lockley, profesor emeritus geologi di University of Colorado Denver, kepada Live Science.

Baca Juga: Awal Rumah Tangganya dengan Faisal Harris Dibumbui Isu Pelakor, Jennifer Dunn Kepergok Seorang Diri Datangi Rumah Bersalin hingga Bikin Warganet Heboh

Peneliti menemukan jejak kaki yang membatu sebelum proyek konstruksi.

Peneliti menamakannya sebagai situs pelacakan Sacheon Jahye-ri, karena letaknya di sebelah barat Kota Sacheon di Provinsi Gyeongsang Selatan.

Jejak jejaknya besar, panjangnya mencapai 9,5 inci (24 sentimeter), kata para peneliti.

Buaya itu juga kemungkinan "memiliki kaki yang sama tingginya dengan kaki manusia dewasa," kata peneliti senior Anthony Romilio, paleontolog dari University of Queensland di Australia, dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Thalita Latief Sampai Alami Penyakit Kronis Ini Usai Ditinggal Dennis Lyla Demi Wanita Idaman Lain, Bentuk dari Stress Bertahun-tahun: Saya Memendam Rasa Sakit

Setelah peneliti Korea memindahkan jejak kai ke lab, mereka mengundang Lockley untuk melihat tayangan pada November 2019.

Editor : Muflika Nur Fuaddah