Follow Us

Mantap! Pemerintah akan Anggarkan Dana Beli Laptop untuk Guru dan Siswa, Nadiem Makarim: Mengantisipasi Asesmen Kompetensi Tahun Depan

Adrie Saputra - Sabtu, 05 September 2020 | 12:00
Mendikbud Nadiem Makarim
Kemendikbud via Tribunnews

Mendikbud Nadiem Makarim

Suar.ID - Nadiem Makarim baru-baru ini meluncurkan kuota gratis untuk para tenaga pendidik dan siswa.

Hal itu bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah.

Tak hanya itu kini Nadiem berencana akan memberikan bantuan lagi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengajukan anggaran Rp 1,49 triliun untuk program digitalisasi sekolah.

Baca Juga: Malu karena Pernah Gagal Nikah Padahal Udah Sebar Undangan, Yuk Intip Potret Terkini dari Fanny Ghassani!

Sebesar Rp 1,175 triliun di antaranya merupakan anggaran untuk pembelian laptop sejumlah guru dan siswa di sekolah.

Nadiem mengatakan, pengadaan laptop menjadi anggaran terbesar pada program digitalisasi sekolah. Komputer jinjing itu diserahkan ke sekolah untuk dipakai guru dan siswa dalam menghadapi uji asesmen kompetensi minimum (AKM) yang rencananya dimulai tahun depan.

"Laptop untuk mengantisipasi asesmen kompetensi tahun depan dan juga untuk memberikan TIK yang layak bagi guru-guru dan anak-anak," kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR, Kamis (3/9/2020).

Program digitalisasi sekolah yang dipaparkan Nadiem terdiri atas empat kegiatan. Selain pengadaan laptop, kegiatan lainnya antara lain adalah penguatan platform digital dengan anggaran Rp 109,85 miliar.

Baca Juga: Cita Citata Sindir soal Teman Bermuka Dua, Ayu Ting Ting Kepergok dapat Komentar Mesra dari Sosok Ini, Pria yang Dekati Sang Biduan Kian Terungkap

Sedangkan dua kegiatan berikutnya yaitu pembuatan konten pembelajaran di program TVRI dengan anggaran Rp 132 miliar serta bahan belajar dan model media pendidikan digital dengan anggaran Rp 74,02 miliar.

"Jadi kurikulum yang tadinya hanya offline bisa available juga dan lebih interaktif di online," kata Nadiem.

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest