Follow Us

Iparnya Dimohon untuk Mundur dari Pencalonan Bupati, sementara Anaknya tetap Maju di Pilkada, Pengamat: Jokowi Ingin Mengamputasi Isu Miring Dinasti Politik

Ervananto Ekadilla - Kamis, 30 Juli 2020 | 06:00
Begini tanggapan pengamat politik mengenai Jokowi yang memohon agar Wahyu Purwanto tak melaju sebagai Bupati, namun Gibran tetap maju sebagai Walikota.
Kolase Tribunnews/Kompas.com dan Youtube

Begini tanggapan pengamat politik mengenai Jokowi yang memohon agar Wahyu Purwanto tak melaju sebagai Bupati, namun Gibran tetap maju sebagai Walikota.

Suar.ID - Ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Wahyu Purwanto menyatakan mundur dari pencalonan Bupati Gunungkidul setelah diminta oleh Jokowi.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menduga Jokowi ingin menghilangkan stigma negatif bahwa sedang membangun dinasti politik di gelaran Pilkada Serentak 2020.

Diketahui, anak sulung Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka telah dicalonkan PDI Perjuangan (PDIP) sebagai calon wali kota Solo.

Sementara menantu Jokowi, Bobby Nasution berpeluang besar juga diusung PDIP untuk bertarung di Pilwalkot Medan.

Baca Juga: Kesabaran Sudah Mulai Habis, Jokowi Minta Vaksin Covid-19 Tersedia dalam Waktu 3 Bulan, Ini Kata Tim Uji Klinis...

"Sepertinya Jokowi ingin mengamputasi isu miring dinasti politik yang belakangan mengarah ke dirinya."

"Cukup sudah anak dan mantunya saja yang terlanjur maju yang bikin Jokowi diserang membangun dinasti politik, family yang lainnya sepertinya dilarang," kata Adi saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (29/7/2020).

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu beranggapan Jokowi tak pernah membayangkan akan dituding membangun dinasti politik hanya karena memajukan anaknya di Pilkada.

Oleh karena itu, Jokowi dinilai tidak ingin tudingan itu terus menguat kepada dirinya.

Baca Juga: Jadi Sosok yang Pertama Kali Canangkan AKB sebagai Pengganti New Normal, Ridwan Kamil Syok saat Langsung Ditelepon oleh Presiden Jokowi

"Makanya, Jokowi ingin menyetop tudingan itu biar tak melebar lagi dengan melarang iparnya maju," pungkasnya.

Source : Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest