Follow Us

Demi Tolong Seekor Burung, Penduduk Desa Ini Kompak Tidak Menyalakan Lampu Selama Lebih dari 35 Hari

Rahma Imanina Hasfi - Selasa, 28 Juli 2020 | 09:00
Ilustrasi burung Murai
Pixabay

Ilustrasi burung Murai

Suar.ID - Penduduk di sebuah desa di India kompak tidak menyalakan lampu-lampu jalan selama lebih dari 35 hari demi menyelamatkan seekor burung dan keluarganya.Menyadur Gulf News, Senin (27/7/2020), warga desa Pothakudi di distrik Sivagangai, Tamil Nadu, memutuskan melalui satu bulan lebih tanpa cahaya saat malam hari untuk membantu burung murai India menetaskan telurnya.Hal ini dilakukan karena burung ini terancam punah, karenanya penduduk desa berupaya sebaik mungkin untuk membuatnya bisa berkembang biak.

Baca Juga: Skakmat! Rossa Tiba-tiba Bongkar Tabiat Masa Lampau Yoyo Padi: Dari Dulu Nanya Nomor Rekening Doang Tapi Enggak Pernah DikasihIde penyelematan ini dicetuskan oleh salag seorang siswa di kampung tersebut yang bernama A Karuppuraja.

Awalnya, siswa berusia 20 tahun ini melihat burung murai meletakkan telurnya di sebuah tombol saklar yang menghubungkan listrik di desanya.Dari situ, ia lantas menggerakkan warga desa untuk membantu menyelamatkan dengan tak menggunakan listrik yang terhubung ke kotak saklar agar telur-telur dapat menetas.

Ilustrasi telur burung murai
Pixabay

Ilustrasi telur burung murai

"Hampir 100 keluarga ada di wilayah ini, dan kami menggunakan sekitar tiga puluh lampu jalan di sini. Suatu hari, ketika kami melewati kotak saklar, kami melihat ada seekor burung meletakkan tiga telurnya," ujar Karuppuraja."Kami segera mengambil foto mereka dan memposting di grup WhatApp desa kami, meminta orang-orang utnuk bekerja sama dan tidak menggunakan listrik yang terhubung ke kotak saklar sehingga telur menetas dan burung itu hidup," sambungnya.

Baca Juga: Duduk Berdekatan Saat Jadi Bintang Tamu, Ratna Listy Ungkap Sosok Mistis yang Menempel pada Catherine Wilson: Ada yang Menganggu Dia

Karena semua lampu jalan terhubung ke saklar tersebut, warga desa memutus kabel listrik dan mematikan lampu jalan selama hampir 35 hari.Murai India merupakan spesies yang terancam punah dan sering ditemukan di Bhutan, Bangladesh, Pakistan, India, dan Sri Lanka.Mereka hidup dekat pemukiman warga dan seringkali bertengger di atap rumah. Adapun musim kawin burung ini adalah Desember hingga September, dan bervariasi sesuai dengan wilayah dan waktu musim hujan.

Baca Juga: Bak Menelan Ludah Sendiri, Siapa Sangka Dinda Hauw Sempat Tak Percaya Taaruf Hingga Akhirnya Dipertemukan dengan Rey Mbayang

Source : gulf news

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest