Follow Us

Patut Bangga, Indonesia Kini Punya Alat Rapid Test Murah Meriah, Diklaim Lebih Bagus dari Produk Impor!

Adrie P. Saputra - Jumat, 10 Juli 2020 | 11:15
Rapid Test
Alodokter

Rapid Test

Suar.ID - Kabar gembira, Indonesia kini bisa membuat alat rapid test sendiri dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan alat rapid test buatan luar negeri.

Dengan begitu, deteksi dini untuk mengetahui virus corona menjadi lebih murah dan mudah.

Mengutip dari Kompas.com, Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan, alat tes cepat atau rapid test buatan Indonesia ini harganya cuma Rp 75.000 per unit.

Baca Juga: Lama tak Terlihat, Begini Tanggapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin terhadap Kasus Covid-19 yang Terus Bertambah di Indonesia: Pandemi Ini Genit Sekali Kecepatannya

"Harga per tes kit Rp 75.000."

"Jadi setengah dari HET (harga eceran tetap)."

"Dengan kualitas yang tidak kalah."

"Malah mungkin lebuh unggul dari kualitas produk impor," kata Rizav saat peluncuran alat rapid test dalam negeri, RI-GHA, di kanal Youtube Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kamis (9/7/2020).

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia kembali Memecahkan Rekor dengan 2.657 Positif dalam Sehari, Penyumbang Terbesar dari Jawa Barat yang Naik 10 Kali Lipat dari Hari Sebelumnya, Terungkap Ini Penyebabnya

Menurut Riza, alat rapid test buatan dalam negeri tersebut telah melalui serangkaian tes akurasi sehingga layak untuk digunakan.

Bahkan, meskipun telah memiliki tingkat sensitivitas dan spesifikasi yang tinggi, produk tersebut akan terus diuji dan dikembangkan agar lebih sempurna.

Selain itu, RI-GHA dikembangkan sesuai strain virus corona yang menyebar di Indonesia.

Source : Kompas.com

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest