Follow Us

Sudah Zona Hitam, Pemerintah akan Lempar Pasien Covid-19 Surabaya ke Pulau Terpencil di Kepulauan Riau

Adrie P. Saputra - Jumat, 03 Juli 2020 | 17:00
Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang
Dok. Istimewa

Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang

Suar.ID - Surabaya kini menjadi perbincangan publik.

Hal ini lantaran kota yang dijuluki Kota Pahlawan itu menjadi salah satu kota di Indonesia dengan jumlah kasus positif covid-19 tertinggi.

Bahkan belum lama ini Surabaya masuk dalam zona hitam lantaran tingginya kasus tersebut.

Melihat tingginya jumlah kasus positif corona inilah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mempertimbangkan agar pasien Covid-19 dari Surabaya dipindahkan ke pulau terpencil di Kepulauan Riau.

Baca Juga: Ungkit Perceraian dengan Veronica Tan Lalu Menikahi Puput, Ahok Akui Berusaha Pertahankan Pernikahan Pertamanya hingga Singgung Soal Kutukan

Diketahui, Pulau Galang di Kepulauan Riau merupakan bekas pulau pengungsi Vietnam dengan kuburan besar, sisa-sisa kapal tua, museum dan situs lainnya.

Pemerintah telah menyiapkan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang di Kepulauan Riau (Kepri) sebagai salah satu RS rujukan corona.

Kapasitas RSKI Pulau Galang terdiri dari 360 ruang rawat dengan 240 ruangan untuk orang dalam pemantauan (ODP), 100 ruangan untuk pasien dalam pemantauan (PDP), dan 20 ruangan isolasi bertekanan negatif.

Baca Juga: Honor Sule Sekali Manggung sebagai Artis Serba Bisa Ditebak Ayu Ting Ting Capai Rp 200-300 Juta, Ayah Rizky Febian: Kemurahan Yu

Namun hingga Selasa (30/6/2020), RSKI Pulau Galang hanya merawat 53 orang di sana.

Muhadjir Effendy mempertimbangkan RSKI Pulau Galang untuk mengurangi beban rumah sakit di Surabaya, seperti RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest