Follow Us

Sangat Langka, Inilah Asal Usul Berlian Cullinan yang Diletakkan di Mahkota Kerajaan Inggris, Apa Istimewanya?

Adrie P. Saputra - Kamis, 25 Juni 2020 | 18:00
Sangat Langka, Inilah Asal Usul Berlian Cullinan yang Diletakkan di Mahkota Kerajaan Inggris, Apa Istimewanya?

Suar.ID - Jarang orang tahu, permata yang ada di mahkota Kerjaan Inggris ternyata termasuk berlian "sangat dalam" yang dibentuk dekat dengan inti Bumi.

Berlian Cullinan adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan dan para ahli telah menggunakan teknologi laser perintis untuk menetapkan asal-usulnya.

Berlian itu adalah salah satu dari dua berlian yang ditemukan tiga kali lebih dalam dari kebanyakan berlian di mantel bumi.

Berlian itu didorong dari dalam melalui letusan gunung berapi.

Baca Juga: Masih saja Halu, Identitas 2 Anak Pendiri Sunda Empire Terungkap, Tujuan Sebenarnya Didirikan Kerajaan juga Turut Terbongkar: Wah, Lahir di Neraka!

Berlian super besar itu ditemukan di sebuah tambang Afrika Selatan pada tahun 1905 dan diberli nama oleh Sir Thomas Cullinan sang pemilik tambang.

Batu berlian besar itu diberikan kepada Raja Inggris (Edward VII) sebagai hadiah.

Berlian itu merupakan gerakan simbolik yang dimaksudkan untuk menyembuhkan keretakan hubungan antara Inggris dan Afrika Selatan setelah Perang Boer di masa lalu.

Berlian kedua yang ditemukan memiliki jejak bridgmanite adalah berlian Hope yang ditemukan di India dan disimpan di Smithsonian Institute, AS.

Baca Juga: Jadi Istri Pengusaha Kaya Hingga Hidup Bak Putri Kerajaan, Harvey Moeis Ketakutan saat Tahu Istrinya Masak untuk ART: Sayang Kamu Bisa Nyalain Kompor Kan?

Dr Wuyi Wang, dari Gemological Institute of America, mengatakan, "Berlian ini mengalami perjalanan yang luar biasa."

"Kami percaya bahwa boronlah yang memberi berlian Hope itu warna biru yang khas, berasal dari dasar lautan."

Source : Mirror

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest