Follow Us

Hati-Hati untuk Para Perempuan, Peralatan Make Up Disebut Bisa Jadi Sarana Penularan Virus Corona, Berikut Cara Mencegahnya

Rina Wahyuhidayati - Kamis, 28 Mei 2020 | 16:00
Rahasia Makeup Flawless Untuk Kulit Normal Kombinasi, Bisa Kamu Tiru Nih! -  Pemilihan Alat Makeup
brightside.com

Rahasia Makeup Flawless Untuk Kulit Normal Kombinasi, Bisa Kamu Tiru Nih! - Pemilihan Alat Makeup

Suar.ID - Penularan virus corona bisa terjadi melalui berbagai perantara benda mati.

Termasuk peralatan make up yang biasa digunakan kaum hawa.

Tanpa disadari sejumlah peralatan make up seperti lipstik, maskara dan kosmetik lainnya dapat berpotensi menularkan virus corona atau Covid-19.

Tak hanya itu, handphone hingga uang pun bisa menjadi sumber penularan virus corona.

Baca Juga: Khawatir Pendatang Bawa Virus Corona Ke Daerahnya, Warga si Magetan Usir Pendatang dengan Meriam Bambu, Begini Keterangan Pak RT...

Dilansir HuffPost, dokter kulit bersertifikat Dr. Adam Mamelak mengungkapkan belum diketahui berapa lama virus dapat hidup di dalam produk kosmetik.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan The New England Journal of Medicine pada April 2020, menunjukkan bahwa virus dapat hidup di permukaan plastik hingga 72 jam.

Oleh karena itu, perlu mewaspadai produk kosmetik yang berada di dalam tas make up.

Baca Juga: Niat Hati Makan Enak di Tengah Pandemi Virus Corona, Puluhan Orang malah Mendapat Nasib yang Malang karena Beli Makanan Ini secara Online

“Tabung plastik rias, botol, dan compact (wadah riasan) dapat menjadi perhatian khusus karena bisa menjadi sarana penularan virus,” jelas Mamelak.

Untuk dapat meminimalisir penularan virus, sebaiknya simpan kosmetik yang baru dibeli.

Meski demikian, menurut basis data Skin Working Group dari Environmental sebagian besar produk kosmetik mengandung bahan pengawet untuk memperpanjang usia simpan produk dan menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur yang berbahaya.

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest