Follow Us

Astaga, Pakar Asal Australia Ini Sebut Indonesia Terlambat Menutup Perbatasan dan Hal Mengerikan Akibat Virus Corona Ini pun Bisa Terjadi!

Adrie P. Saputra - Jumat, 03 April 2020 | 14:30
Benarkah jenazah yang mengidap Corona masih bisa menularkan virus covid-19?
Kompas.com

Benarkah jenazah yang mengidap Corona masih bisa menularkan virus covid-19?

Suar.ID - Baru-baru ini, muncul sebuah penelitian yang memperingatkan tentang bahaya virus corona di Indonesia.

Melansir dari Instagram @makassar_iinfo, penelitian tersebut menyebut bahwaratusan ribu orang Indonesia bisa meninggal karena COVID-19 pada akhir April.Peringatan itu muncul setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan keadaan darurat dengan istilah "Pembatasan Sosial Berskala Besar", atau PSBB pada hari Selasa (31/03/2020).Presiden Jokowi menghindari penerapan "lockdown", namun lebih memilih PSBB, menambah kewenangan polisi dan mengumumkan paket stimulus ekonomi senilai lebih dari Rp 400 triliun.

Baca Juga: Tak Ada Angin ataupun Hujan, Gading Marten Mendadak Unggah Foto Gisel dan Ucapkan Ini, Netizen Ramai Minta Keduanya Rujuk

Pemerintah RI juga mengumumkan semua warga negara asing kecuali diplomat, pekerja kemanusiaan dan mereka yang memiliki izin tinggal, akan dilarang memasuki Indonesia selama 14 hari.Tapi John Matthews, seorang ahli epidemiologi dari University of Melbourne, menilai tindakan itu sudah terlambat."Jika mereka dapat secara efektif menutup perbatasan sebulan yang lalu, mereka seharusnya melakukannya saat itu," katanya kepada ABC."Dalam arti tertentu, sekarang sudah terlambat untuk dilakukan," katanya.

Baca Juga: Corona Bak Bawa Berkah, Artis yang Dulu Doyan Lakukan Ritual Klenik Ini Bebas Lebih Cepat, Ingin Wujudkan Keingan Mendiang Ibundanya

"Mengendalikan virus dalam kondisi sosial di Indonesia akan sangat sulit," tambahnya.

Kementerian Kesehatan RI menyatakan hingga 1 April jumlah total kasus telah meningkat menjadi 1.677, sekitar setengahnya berada di Jakarta.

Setidaknya 156 orang meninggal dan 103 sembuh.

Tingkat kematian akibat virus corona di Indonesia juga pernah menjadi yang tertinggi di dunia.

Tingkat pengujian COVID-19 di Indonesia termasuk yang terendah di dunia, hanya beberapa ribu tes yang telah dilakukan untuk seluruh populasi 270 juta orang.

Namun sejumlah pemodelan menunjukkan jumlah sebenarnya kasus infeksi di seluruh nusantara adalah puluhan ribu.

Baca Juga: Sesenggukan Baru Bebas dari Penjara, Inilah yang Pertama Kali akan Dilakukan oleh Roro Fitria saat Menghirup Udara Segar: Saya Kangen

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest