Follow Us

Virus Corona semakin Mengancam Dunia, bukan lagi Social Distancing, kini WHO Berlakukan Physical Distancing, Apa Bedanya?

Ervananto Ekadilla - Rabu, 25 Maret 2020 | 16:30
Sudah bukan social distancing lagi, kini WHO menyarankan physical distancing. Apa bedanya?
Tangkap layar Youtube Presiden Jokowi

Sudah bukan social distancing lagi, kini WHO menyarankan physical distancing. Apa bedanya?

Suar.ID - Kini bukan lagi Social Distancing, Physical Distancing menjadi istilah baru yang belakangan hangat dibicarakan terkait virus corona atau Covid-19.

Upaya pencegahan penyebaran virus corona ini pun baru saja disebut Presiden Joko Widodo sebagai langkah yang tepat untuk masyarakat Indonesia.

"Di negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman," kata Jokowi dalam rapat terbatas lewat video conference dengan para gubernur seluruh Indonesia dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/3/2020) dikutip dari Kompas.com.

Selain disinggung oleh Jokowi, physical distancing juga dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lalu apa arti physical distancing dan bedanya dengan social distancing?

Baca Juga: Terkesan Sepele namun Efektif, Inilah Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Social Distancing agar Terhindar dari Virus Corona

Physical Distancing & Social Distancing

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan penggunaan frasa 'Social Distancing' diganti menjadi 'Physical Distancing'.

Physical distancing ini sebagai perintah agar masyarakat tetap di rumah dan menjaga jarak fisik dengan orang lain untuk mencegah persebaran virus corona.

Baca Juga: Pelajaran dari Italia yang kini Menjadi Pusat dari Penyebaran Virus Corona di Dunia bahkan Melebihi China dengan 3.400 Penduduknya Meninggal Dunia akan Betapa Pentingnya Mekanisme Social Distancing yang Diterapkan Pemerintah Indonesia

Namun, bukan berarti memutuskan kontak dengan teman dan keluarga secara sosial, hanya menjaga jarak secara fisik.

Source : Kompas.com, BBS

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest