Follow Us

Di Mata Negara Superpower Ini, Indonesia Sudah Enggak Lagi Dianggap sebagai Negara Berkembang, Ternyata Begini Dampaknya Bagi Kita

Moh. Habib Asyhad - Sabtu, 22 Februari 2020 | 16:00
AS Depak Indonesia dari Negara Berkembang, Ternyata Ini Maksud Terselubung Donald Trump Masukkan RI sebagai Negara Maju!
APKPure.com VIA Kompas.com

AS Depak Indonesia dari Negara Berkembang, Ternyata Ini Maksud Terselubung Donald Trump Masukkan RI sebagai Negara Maju!

Suar.ID - Di mata Amerika Serikat, Indonesia sudah enggak lagi dianggap sebagai negara berkembang.

Status negara kita sudah berubah.

Belum lama ini Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat atau USTR mencabut preferensi khusus untuk daftar anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) termasuk Indonesia dalam daftar negara berkembang.

Baca Juga: 'Ketika Sampai di Tengah-Tengah Sungai, Tiba-Tiba Ada Arus Besar dari Atas'

Artinya, di mata AS, Indonesia sudah menjadi negara maju.

Terkait hal ini, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan hal ini akan berdampak terhadap fasilitas-fasilitas negara berkembang.

“Dampaknya tentu fasilitas, Indonesia yang sebelumnya menjadi negara berkembang akan dikurangi, ya kita tidak khawatir itu,” kata Airlangga di kantornya seperti dikutip Kontan.co.id, Jumat (21/2/2020).

Setali tiga uang, ekspor barang-barang Indonesia bakal kena tarif tinggi daripada negara berkembang lainnya.

Sebagai contoh, pajak-pajak impor yang diatur AS atas barang Indonesia bakal lebih tinggi, termasuk bea masuk.

“Tapi belum tentu, kami tidak khawatir,” ujar Airlangga.

Dalam kebijakan baru AS yang telah berlaku sejak 10 Februari 2020 tersebut, Indonesia dikeluarkan dari daftar Developing and Least-Developed Countries sehingga Special Differential Treatment (SDT) yang tersedia dalam WTO Agreement on Subsidies and Countervailing Measures tidak lagi berlaku bagi Indonesia.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest