Follow Us

Membanggakan, Anak Lulusan SMK Ini Ciptakan Robot untuk Bantu Ibunya yang Alami Gangguan Penglihatan Berjualan Telur Dadar Mini

Adrie P. Saputra - Sabtu, 22 Februari 2020 | 09:00
Agung Budi Wibowo pembuat robot asal Purworejo.
Antara | YouTube HoLaixi TV

Agung Budi Wibowo pembuat robot asal Purworejo.

Suar.ID - Indonesia ternyata memiliki banyak generasi muda yang berbakat, salah satunya adalah pemuda yang satu ini.

Agung Budi Wibowo (18) yang berasal Desa Kedung Karang dalem Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, telah mempelajari robotika secara otodidak.

Berkat ketekunannya, Agung berhasil menciptakan robot mini pembuat telur dadar mini.

Hanya dengan menonton video di YouTube dan mencari artikel di Google bersama beberapa teman, Agung kini bisa mencipkan robot yang bisa membantu ibunya berjualan.

Baca Juga: Inilah Robot Gedek, Predator yang Lebih Mengerikan Dibanding Reynhard Sinaga, Anak-anak Jalanan yang Jadi Korbannya Dilecehkan Lalu Dibunuh, Tak Lupa Beri Tanda Begini di Perutnya

"Awalnya saya belajar dari YouTube dan Google tentang cara kerja motor servo, mikro controller, jadi tidak langsung fokus di robot," kata Agung, mengutip dari Kompas.com, Kamis (21/2/2020).

"Kemudian saya coba-coba akhirnya bisa membuat robot dengan bahan dan alat sederhana," lanjutnya.

Pemuda lulusan SMK Negeri 1 Purworejo tahun 2019 ini menuturkan, ilmu pembuatan robot belum pernah diterimanya waktu belajar di sekolah, karena jurusan yang ditekuni adalah teknik kendaraan ringan (otomotif).

Agung tertarik membuat robot karena kasihan melihat ibunya, Praptining Utami (55), yang kerepotan saat berjualan telur dadar mini.

Baca Juga: Kehidupan Ibunya Penuh Settingan, Putri Elly Sugigi Akui Depresi dan Lelah karena Sikap Sang Ibu yang Keterlaluan: 'Aku Bukan Robot'

Praptining kesulitan menuangkan adonan telur karena memiliki gangguan penglihatan pada mata.

"Robot ini memang saya buat untuk memudahkan ibu berjualan karena ibu mengalami gangguan penglihatan."

Source : Kompas.com, instagram.com

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest