Follow Us

Bukan cuma Jokowi, Donald Trump Ternyata juga Tidak Ingin Mantan Simpatisan ISIS Balik ke Negara Asalnya

Adrie P. Saputra - Sabtu, 08 Februari 2020 | 09:00
Presiden Jokowi dan Donald Trump
Tribun Manado

Presiden Jokowi dan Donald Trump

Suar.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ingin 600 warga negara Indonesia (WNI) mantan anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dipulangkan ke Indonesia.

Meski rencana dari pemerintah tersebut belum diputuskan, Jokowi menegaskan bahwa dirinya secara pribadi tidak ingin WNI eks ISIS dipulangkan ke Indonesia.

Pembahasan lebih lanjut soal rencana tersebut akan dibahas dalam rapat terbatas (Ratas) dengan kementerian terkait.

"Ya kalau bertanya kepada saya, ini belum Ratas ya."

Baca Juga: PSK yang Digerebek Andre Rosiade Mengaku 'Dipakai' Terlebih Dahulu, Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Bantah: Saya Masuk Belakangan

"Kalau bertanya kepada saya, saya akan bilang tidak," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020), mengutip dari Tribunnews.com.

Dalam rapat tersebut, Jokowi akan membahas rencana kepulangan WNI eks ISIS secara detail.

Presiden akan meminta kementerian terkait untuk mengkalkulasi dan menghitung plus-minus jika 600 WNI tersebut pulang ke Indonesia.

Jokowi menyampaikan, sampai saat ini semuanya masih dalam proses pembahasan.

"Sampai saat ini masih dalam proses pembahasan, dan nanti sebentar lagi kita akan putuskan kalau sudah dirataskan. Semuanya masih dalam proses," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Selalu Terlihat Tegas di Layar Kaca, Rupanya Begini Kisah Cinta Najwa Shihab dengan Sang Suami, Nikah Muda hingga Tunda Kehamilan

Selaras dengan Presiden Jokowi, Presiden AS, Donald Trump pernah mengatakan ketidak setujuannya bila ada mantan simpatisan ISIS yang ingin kembali ke negara asalnya.

Source : Foxnews, tribunnews

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest