Follow Us

Sehari-hari Kita Pakai dan Konsumsi, Benarkah Pakaian dan Makanan Impor dari China Bisa Menjadi Media Penyebar Virus Corona? Begini Kata Kemenkes

Khaerunisa - Selasa, 28 Januari 2020 | 15:45
Sehari-hari Kita Pakai dan Konsumsi, Benarkah Pakaian dan Makanan Impor dari China Bisa Menjadi Media Penyebar Virus Corona? Begini Kata Kemenkes
Kolase/Freepik, medscape.com

Suar.ID - Merebaknya virus Corona yang kini telah menyebabkan ratusan orang meninggal membuat masyarakat dunia panik.

Virus yang berasal dari negeri China tersebut kini telah menyebar ke berbagai negara, bahkan diantaranya ada negara-negara di Asia Tenggara.

Bersama dengan situasi tersebut, masyarakat dibuat semakin panik dengan beredarnya berbagai kabar yang belum terbukti kebenarannya tentang virus Corona.

Salah satunya tentang virus Corona yang menyebar melalui pakaian bekas impor atau buah dari China.

Baca Juga: Viral Kisah Seorang Wanita Taiwan yang 'Selamat' dari Virus Corona, Awalnya Kesal dengan Hewan Peliharaannya Tapi Akhirnya Bersyukur

Atas hal tersebut, masyarakat diminta tidak percaya begitu saja kalau ada yang mengatakan bahwa penyebaran virus corona bisa berasal dari pakaian bekas impor ataupun buah dari China.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Dr Anung Sugihantono menegaskan, sampai saat ini mekanisme penularan yang sesungguhnya belum diketahui.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) masih dalam penyelidikan dan pengawasan terhadap kasus virus corona yang sudah menyebar ke berbagai negara selain wilayah asalnya, yaitu di Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Baca Juga: Mengharukan, Ini Alasan Khusus Kobe Bryant Selalu Gunakan Helikopter untuk Bepergian, Buktikan Sang Legenda NBA Penyayang Keluarga

Namun, dugaan yang paling kuat penyebaran tersebut terjadi melalui kontak langsung.

Kontak langsung terjadi saat kita berbicara dengan orang yang terjangkit atau baru pulang dari Wuhan yang mungkin memiliki virus tetapi belum ada gejalanya.

Selain itu, juga bisa melalui udara di sekitar ketika Anda serta melalui droplet.

Editor : Khaerunisa

Baca Lainnya

Latest