Follow Us

Diduga Terjangkit Virus Corona, Pekerja Asal China ini Segera Dirawat di Ruang Isolasi RSHS Bandung, Begini Penjelasan Pihak Rumah Sakit...

Aditya Eriza Fahmi - Senin, 27 Januari 2020 | 10:45
Ada pasien diduga terjangkit virus corona, pegawai RSHS Bandung kenakan masker, Minggu (26/1/2020) --- Virus Corona.
Kolase: Tribun Jabar

Ada pasien diduga terjangkit virus corona, pegawai RSHS Bandung kenakan masker, Minggu (26/1/2020) --- Virus Corona.

Suar.ID - Pada Minggu (26/1) Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung mendapatkan rujukan pasien yang merupakan seorang pekerja asal China karena diduga terpapar virus Corona.

Kini pasien ini dirawat di ruang isolasi kamar tersebut.

Pasien ini sendiri merupakan rujukan dari RS Cahaya Kawuluyaan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dan saat itu didampingi penerjemah.

Baca Juga: Penyebaran Virus Corona Kian Mengerikan, Hotman Paris Pun Minta Jokowi Hentikan Penerbangan China-Indonesia: Stop Sementara Masuk Indonesia!

"Di surat rujukannya tertulis, pasien mengalami demam menggigil, sakit tenggorokan, dan ada riwayat baru pulang dari Cina," ujar dr Tommi Ruhumat, Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Hasan Sadikin Bandung, kepada Tribun, saat dihubungi melalui telepon, semalam.

Berdasar rujukan itu, kata Tommi, pihaknya langsung memasukkan pasien itu ke ruang isolasi IGD.

"Tadi, saat terima rujukan, tim saya langsung menggunakan pakaian khusus sebelum kontak dengan pasien. Penerjemahnya juga kami periksa karena dikhawatirkan terjangkit," ujarnya.

Selama pemeriksaan itu, kata Tommi, pasien mereka tempatkan di ruang isolasi IGD.

Baca Juga: Kejang-kejang Hingga Akhirnya Meninggal Dunia, Inilah Tanda-tanda dan Penyebab Pasien Terinfeksi Virus Corona

"Namun, pada sore hari, pasien sudah kami pindahkan ke ruang isolasi rawat inap.," kata Tommi.

Selain menerima rujukan dari RSCK Padalarang, kata Tommi, kemarin, RSHS juga menerima rujukan pasien yang diduga terpapar virus corona dari RS Santo Borromeus, Bandung.

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest