Follow Us

Masih Ingat Konsep Mencegah Banjir Anies Baswedan saat Pilkada 2017 'Air Dimasukkan Bumi, bukan ke Laut'? Apakah setelah Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Kebijakannya Masih Sama?

Ervananto Ekadilla - Kamis, 02 Januari 2020 | 20:00
Masih Ingat Konsep Mencegah Banjir Anies Baswedan saat Pilkada 2017 'Air Dimasukkan Bumi, bukan ke Laut'? Apakah setelah Menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta Kebijakannya Masih Sama?
Kolase Tribun Jakarta dan tangkapan layar Youtube Official iNEWS

Suar.ID - Sampai dengan saat ini, Kamis (2/1/2020), Jakarta dan sekitarnya masih tergenang banjir.

Akibat dari curah hujan yang tinggi sejak Selasa (31/12/2019), menyebabkan banjir melanda kawasan Ibu Kota.

Sebelumnya pada 2017, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pernah menjelaskan konsep pencegahan banjir saat debat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta putaran kedua.

Pada saat itu, moderator menanyakan maksud dari program kerja Anies yakni zero run-off atau nol limpahan untuk menangani masalah banjir.

Baca Juga: Ustaz Kondang Ini Kedapatan Beri 3 Emoji Tertawa saat Anies Baswedan Sidak Banjir, Begini Pembelaannya

Anies menjelaskan jika konsep vertical drainage adalah air hujan dimasukkan ke bumi bukan dikirimkan ke laut.

"Mengenai air, konsepnya adalah vertical drainage. Air hujan ini rahmah dari Allah, dari Tuhan. Rahmah yang diturunkan untuk dimasukkan ke bumi bukan sesegera mungkin dikirim ke laut. Yang dilakukan sekarang masuk kirimkan ke laut," ujarnya dilansir melalui YouTube OfficialiNews, Jumat (27/1/2017).

Saat itu, Anies berencana akan memperbanyak sumur-sumur resapan.

"Bumi kita tidak diresapi oleh air karena itu yang kita lakukan adalah memperbanyak sumur-sumur resapan di tiap kampung, ditiap rumah, di tiap jalan," ungkap pria 50 tahun ini.

Baca Juga: Banjir Melanda Jakarta, Ahok Semangat Komentari Cara Anies Baswedan Tangani Banjir, Komisaris Pertamina ini Malah Melipir Saat Ditanya Hal ini, Kenapa Ya?

Hal ini dilakukan agar tanah di Jakarta berisi air kembali.

Source : Kompas.com, Youtube Official iNews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest