Follow Us

Pria Ini Berpura-pura Menjadi Difabel Selama 10 Tahun untuk Mendapat Tunjangan Rp 1,5 Miliar, Kini Ia Mendapat Ganjaran yang Setimpal

Ervananto Ekadilla - Minggu, 22 Desember 2019 | 09:30
Ilustrasi Difabel.
Pixabay

Ilustrasi Difabel.

Suar.ID - Seorang pria yang berasal dari Knowle, Bristol, Inggris dibawa ke pengadilan setelah terbukti bersalah karena berpura-pura menjadi difabel demi mendapatkan uang tunjangan hidup warga difabel serta kredit pensiun.

Graham Branfield (76) yang merupakan seorang pensiunan dilaporkan telah mendapatkan uang 'tunjangan hidup untuk warga difabel' sebesar 87,000 Poundsterling atau setara dengan Rp 1.5 milyar.

Graham kini resmi divonis penjara setelah tertangkap kamera, bahwa ia hidup dalam kondisi aktif dan sehat.

Melansir dari Bristol.co.uk, berdasarkan kesaksiannya di pengadilan setempat pada 20/12/2019, Graham membantah telah mengambil untung dengan berpura-pura menjadi warga difabel.

Baca Juga: Merasa Didiskriminasi, Penyandang Difabel Nekat Bakar Kantor Kelurahan Sambil Live Facebook

Penyelidikan Departemen Pekerjaan dan Pensiun

Graham yang terus mengaku dirinya adalah warga difabel ini sebelumnya telah diselidiki oleh otoritas Departemen Pekerjaan dan Pensiun / Department of Works and Pensions (DWP).

Penyelidikan diadakan guna mencari tahu kehidupan Graham sebenarnya.

Pihak DWP membuntuti Graham saat sedang berbelanja dan menangkap bukti-bukti di kamera.

Fakta baru pun ditemukan usai penyelidik yang merekam, mendapati Graham cukup aktif, sehat, dan bahkan tidak terlihat tanda-tanda disabilitas.

Hakim pengadilan tetap memvonis dirinya bersalah kendati telah dilakukan jeda selama 90 menit bagi Graham agar dapat berunding dengan pengacaranya, pada (19/12/2019).

Source : bristolpost.co.uk

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest