Follow Us

Terjadi Kontak Senjata antara TNI-Polri dan Anggota KKB Papua yang Menewaskan 2 Orang! Beginilah Kisahnya yang Menegangkan

Ervananto Ekadilla - Rabu, 04 Desember 2019 | 19:45
Terjadi Kontak Senjata antara TNI-Polri dan Anggota KKB Papua yang Menewaskan 2 Orang! Beginilah Kisahnya yang Menegangkan
Kolase Kompas.com dan Warta Kota

Suar.ID - Aparat keamanan mengatakan bahwa kontak senjata yang terjadi antara TNI-Polri dengan KKB Papua telah menewaskan dua orang di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Sebelumnya, teror penembakan yang dilakukan oleh orang tidak dikenal terjadi di area pertambangan PT Freeport Indonesia di Area Mile 60 RPU 47, Distrik Tembagapura, Papua, Sabtu (30/11/2019).

Teror penembakan ini terjadi sehari menjelang ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019.

Melansir dari Kompas.com, Kepala Penerangan Kodam XVII/ Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto membenarkan adanya gangguan keamanan yang berasal dari penembakan tersebut.

Baca Juga: KKB Papua Ketahuan Bohongnya, Mengaku Tembak Mati 2 Anggota TNI tapi Kapendam Cendrawasih Justru Bilang Begini

Diduga, pelaku penembakan dilakukan oleh kelompok separatis bersenjata pimpinan Hengki Wamang.

Menurut Eko, awalnya sekitar pukul 15.30 WIT, mobil patroli zona delta bergerak dari mile 64 menuju mile 58 dengan membawa tiga orang.

Tiga orang tersebut adalah, Mathew Philips (warga negara asing), Ramdhani (driver 01-4762) dan Latief (01-3261R).

Mereka akan menunggu dan menjemput bis dari Terminal Gorong-gorong Kota Timika.

Baca Juga: Beginilah Kisah KKB Timor Timur yang sempat Lawan Pasukan Prabowo, Rupanya Sosok Inilah yang Jadi Tujuan Tentara Indonesia Kala Itu

Selanjutnya, pada pukul 15.50 WIT, terjadi penembakan di area Mile 60 yang dilakukan oleh orang tak dikenal terhadap kendaraan LWB delta zona dengan nomor lambung 01-4762.

"Mendengar aksi penembakan yang dilakukan oleh OTK tersebut, pada pukul 16.00 WIT. Tim Satgas TNI-Polri langsung bergerak menuju Mile 60 untuk memberi bantuan dan mengamankan lokasi, serta melakukan pemantauan sekitar area Mile 60,” kata Eko dalam keterangan tertulis, Sabtu malam.

Source : Kompas.com, Serambi News, tribun papua

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest