Follow Us

Setelah Singkirkan 10 Kandidat, Sosok Ini Sah Jadi Rektor ITB Perempuan Pertama dalam Sejarah, Prestasinya Enggak Main-main

Moh. Habib Asyhad - Sabtu, 09 November 2019 | 07:02
Reina D. Wirahadikusuma jadi rektor ITB perempuan pertama dalam sejarah.
Dok. ITB

Reina D. Wirahadikusuma jadi rektor ITB perempuan pertama dalam sejarah.

Suar.ID - Untuk pertama kalinya dalam sejarah Institut Teknologi Bandung (ITB) akhirnya punya rektor perempuan.

Berdasar hasil rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA), Prof. N.R Reini D. Wirahadikusuma ditetapkan sebagai rektor institusi ini.

Seperti disebut di awal, Reini merupakan rektor perempuan pertama di ITB sejak berdiri pada tahun 1959 atau selama 60 tahun terakhir.

Baca Juga: Gadis yang Masih Berusia 27 Tahun Ini Ditunjuk sebagai Rektor! Rupanya Tak hanya Cantik Saja Namun Juga Cerdas dan Berjiwa Kepemimpinan

Tak hanya itu, Reini juga merupakan rektor perempuan pertama selama 99 tahun terakhir atau sejak institut ini berdiri dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng pada tahun 1920.

Dia terpilih dan menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, yang menjabat sejak 20 Januari 2015.

Berdasarkan voting, Reini berhasil mengalahkan dua kandidat lain yakni Jaka Sembiring dan Kadarsah Suryadi.

Pemberitaan Kompas.com, 1 November 2019 menyebutkan, pemilihan rektor ITB diikuti oleh 30 kandidat yang kemudian dikerucutkan menjadi 10 kandidat.

Setelah melalui tahapan debat terbuka dan pemaparan ide srta gagasan, para kandidat kemudian disaring menjadi 6 lalu ditetapkan menjadi 3 lewat sidang tertutup Senat Akademik.

Dilansir laman resmi Institut Teknologi Bandung, Reini menamatkan pendidikan S1-nya di ITB, kemudian melanjutkan pendidikan master dan doktoralnya di Purdue University.

Sebelum terpilih menjadi rektor ITB, Reini menjabat sebagai Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest