Follow Us

Seorang Kakek Menutup Museum Gratisnya karena Banyak Pengunjung malah Mencuri Barang-barang Antik yang Tak Ternilai

Adrie P. Saputra - Selasa, 22 Oktober 2019 | 10:00
Nordin Ali (81)
Harian Metro

Nordin Ali (81)

Suar.ID - Nordin Ali (81), pemilik museum "Rumahku Muziumku" telah memutuskan untuk menutupnya ketika koleksi barang antiknya telah dicuri.

Menurut Harian Metro (21/10/2019), Nordin sangat kecewa ketika pengunjungnya malah mencuri barang antik yang selama ini susah payah ia kumpulkan.

Karena usianya, Nordin Ali dan istrinya, Maznah Ali (60), tidak bisa lagi mengawasi museum secara efisien, sehingga memudahkan orang untuk mencuri barang antik tanpa sepengetahuan mereka.

Mereka telah kehilangan banyak barang antik selama bertahun-tahun. Lihat saja daftar yang hilang ini:

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Jokowi, Raja Mswati III Rupanya Punya 15 Istri dan Gaya Hidupnya Mewah

1. Mangkuk manikur tembaga dengan nilai 1.800 ringgit (Rp 6 juta) yang dibeli 10 tahun lalu2. Besi antik3. Dua keris kuno berusia 100 tahun4. Nutcracker tembaga5. Kerambit6. Gobek tembaga7. Mangkuk dupa naga8. Tepak sirih kuno9. Kunci China dibuat pada tahun 180010. Koin kokang11. Koin 5 sen tua dengan nilai 450 ringgit (Rp 1,5 juta)12. Uang kertas 20 ringgit lama13. Uang kertas 10 ringgit lama14. Gigi emas dalam wadah antik.15. Cetakan kuih udang galah15. Baki tembaga16. Mangkuk manikur tembaga dan besi antik yang baru dicuri pada bulan September.

Baca Juga: Tidak Hanya Cantik dan Awet Muda, Tetty Paruntu Rupanya Juga Pernah Meraih Beberapa Penghargaan Bergengsi

Banyak pengunjung tega mencuri barang di museum.
Jurnal Malaysia

Banyak pengunjung tega mencuri barang di museum.

Nordin Ali mengajukan laporan polisi pada 21 September.

"Karena insiden itu, saya telah memutuskan untuk menutup tempat itu dari pandangan publik untuk menghindari pencurian lagi."

Menurut Nordin, dia tidak benar-benar sedih karena berapa banyak uang yang hilang, tetapi dia benar-benar frustrasi ketika kehilangan barang-barang antiknya yang berharga.

Alasan mengapa museum menjadi sasaran empuk adalah karena cara artefak ditampilkan secara terbuka dan kesehatan fisik pasangan itu.

Source : harianmetro.com.my

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest