Follow Us

Patut Bangga! Inilah 5 Tempat Wisata Halal di Indonesia yang telah Diakui Terbaik di Dunia

Ervananto Ekadilla - Minggu, 29 September 2019 | 20:00
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.
Kompas.com

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Suar.ID - Wisata halal di Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Baru-baru ini saja Indonesia menorehkan prestasi di level internasional dengan diraihnya peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019.

Setelah lima tahun berfokus pada pengembangan pariwisata halal, Indonesia akhirnya mampu menunjukkan potensinya sebagai destinasi wisata halal terbaik di dunia.

Pada 2019, akhirnya Indonesia menduduki peringkat pertama wisata halal dunia versi GMTI 2019, bersanding dengan Malaysia.

Baca Juga: Sempat Jadi Tren Wisata, Begini Rahasia Sang Pawang Bikin Trik Foto Selfie Bersama Monyet di Monkey Forest Ubud

Wisata halal Indonesia merupakan program utama Kementerian Pariwisata yang telah dikerjakan cukup lama.

Indonesia pun berhasil mengungguli berbagai negara besar lainnya, seperti Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, dan Brunei Darussalam, yang berturut-turut menempati posisi di bawah Indonesia dan Malaysia.

Guna mendorong percepatan pengembangan destinasi pariwisata halal nasional berstandar global, Kementerian Pariwisata juga menyelenggarakan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) pada tahun 2018 dan 2019.

Mengutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan berbagai sumber lainnya, Jumat (27/9/2019), penilaian IMTI ini dilakukan langsung oleh CrescentRating-Mastercard yang bekerjasama dengan Indonesia.

Baca Juga: Lucinta Luna Kembali Berulah, Setelah Bikin Raffi Ahmad Jengkel, Kini Giliran Bopak Castello yang Dibikin Pingsan! Ternyata Ini yang Terjadi

Penilaian IMTI dilakukan menggunakan empat indikator utama yang telah ditetapkan oleh GMTI yakni: accessibility (aksesibilitas), communication (komunikasi), environment (lingkungan) dan service (layanan).

Hasil penilaian dari empat aspek utama tersebut secara otomatis akan menentukan destinasi wisata halal Indonesia sebagai prioritas.

Source : Kompas.com, Kementerian Pariwisata

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest