Follow Us

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal Dunia, Beginilah Perjalanan Hidupnya yang Penuh Kontroversi

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 07 September 2019 | 21:00
Robert Mugabe dan Grace Mugabe
The Guardian

Robert Mugabe dan Grace Mugabe

Suar.ID - Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe telah meninggal dunia di usianya yang ke 95 tahun.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh penggantinya, Presiden Emmerson Mnangagwa, Jumat (6/9/2019) dilansir dari The Guardian.

"Dengan sangat sedih, saya mengumumkan kematian bapak pendiri Zimbabwe sekaligus mantan presiden Robert Mugabe," tulis Mnangagwa, dalam tweetnya.

Mugabe merupakan presiden pertama pasca kemerdekaan sekaligus bapak pendiri negara Zimbabwe, ia meninggal karena penyakit yang dideritanya sejak lama.

"Mugabe adalah ikon pembebasan, seorang pemersatu Afrika yang mendedikasikan hidupnya untuk kemerdekaan dan pemberdayaan rakyatnya. Kontribusinya bagi sejarah bangsa dan benua kita tidak akan pernah dapat dilupakan. Semoga jiwanya beristirahat dalam kedamaian abadi," lanjut Mnangagwa.

Mugabe lahir pada 21 Februari 1924, di wilayah yang saat itu bernama Rhodesia.

Dia sempat dipenjara selama lebih dari satu dekade tanpa diadili akibat mengkritik pemerintah Rhodesia pada 1964.

Pada 1973, saat masih berada di dalam penjara, Mugabe terpilih sebagai presiden Uni Nasional Afrika Zimbabwe atau Zanu, di mana dia juga menjadi salah seorang pendirinya.

Mantan pemimpin gerilya tersebut memperoleh kekuasaan setelah memenangi pemilihan umum pada 1980, setelah pemberontakan yang memaksa pemerintah Rhodesia ke meja perundingan.

Dia terpilih menjadi perdana menteri, namun kemudian menghapuskan kantor perdana menteri pada 1987 dan menjadi presiden Zimbabwe.

Mugabe memimpin selama lebih dari 30 tahun hingga akhirnya digulingkan melalui kudeta militer pada November 2017, setelah jenderal militernya yang loyal berbalik untuk menentangnya, hal itu terjadi saat negara Zimbabwe tengah berada dalam krisis ekonomi.

Source : The Guardian, BBC

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest